28 C
Makassar
Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaHeadlineKalahkan Deretan Nama Besar, Klub Liga 2 Ini Kolektor Terbanyak Trofi Piala...

Kalahkan Deretan Nama Besar, Klub Liga 2 Ini Kolektor Terbanyak Trofi Piala Indonesia

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Gelaran kompetisi Piala Indonesia memang tidak setenar kompetisi Liga 1. Akan tetapi kompetisi itu juga mendapat respon yang sangat besar dari kalangan insan sepakbola.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ambil bagian dalam kompetisi ini, tidak terkecuali klub-klub papan atas Indonesia.

Deretan nama seperti PSM Makassar, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Persib Bandung, Arema Malang, dan beberapa nama lainnya merupakan tim yang pernah ambil bagian dalam kompetisi ini.

Akan tetapi nama besar tim-tim di atas belum seberapa jika dibanding tim yang saat ini berlaga di Liga 2, Sriwijaya FC. Tim asal pulau Kalimantan tersebut sukses merajai kompetisi ini.

Sepanjang gelaran ini berlangsung sejak tahun 2005 lalu, setidaknya ada empat tim yang sudah membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Tercatat Sriwijaya FC telah mengoleksi tiga trofi Piala Indonesia, disusul Arema Malang dengan dua trofi, kemudian PSM Makassar dan Persibo Bojonegoro masing-masing satu trofi.

Sriwijaya FC sendiri sukses merengkuh trofi Piala Indonesia tiga kali berturut-turut sejak tahun 2007/2008 (menang adu penalti lawan Persipura), 2008/2009 (menang 1-0 leg pertama, menang WO leg kedua lawan Persipura), dan 2009/2010 (menang 2-1 dari Arema Indonesia).

Untuk Arema Malang, sukses menjuarai kompetisi tersebut pada dua gelaran awal, yaitu pada tahun 2005 (menang 4-3 atas Persija Jakarta) dan 2006 (menang 2-0 atas Persipura Jayapura).

Pada tahun 2011, kompetisi ini ditiadakan. Setahun setelahnya, yaitu pada tahun 2012, Persibo Bojonegoro sukses keluar sebagai jawara usai menang tipis 1-0 atas Semen Padang di partai puncak.

Pada tahun 2013 hingga tahun 2017, kompetisi ini kembali ditiadakan. Akhirnya pada tahun 2018/2019 PSM keluar sebagai juara usai menang agregat 2-1 atas Persija Jakarta.

BACA JUGA :  PSM dan Persija Kompak Soroti Wasit di Laga Final

Daftar juara :
Sriwijaya FC (3)
Arema Malang (2)
Persibo Bojonegoro (1)
PSM Makassar (1)

Runner Up :
Persipura Jayapura (3)
Persija Jakarta (2)
Arema Malang (1)
Semen Padang (1)

Peserta final :
Sriwijaya FC (3)
Persipura Jayapura (3)
Arema Malang (3)
Persija Jakarta (2)
Semen Padang FC (1)
Persibo Bojonegoro (1)
PSM Makassar (1)

spot_img

Headline