31 C
Makassar
Senin, Januari 24, 2022
BerandaDaerahKapolres Bone Kembali Ajak Masyarakat Terapkan 3M+1T

Kapolres Bone Kembali Ajak Masyarakat Terapkan 3M+1T

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Sampai Senin 16 November 2020 sekitar pukul 21.00 Wita, Jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bone sebanyak 326 kasus, dengan rincian Sembuh 191 orang, Meninggal 4 orang, dan Isolasi atau dirawat 131 orang.

Hal itu tentu menjadi keprihatinan Kepolisian Resor Bone sebagai salah satu garda terdepan pencegahan Covid-19 di Bumi Arung Palakka.

Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra mengingatkan kembali bahwa disiplin protokol kesehatan 3M + 1T (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun) ialah senjata yang ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab, ia pun menilai, masih banyak masyarakat yang meremehkan keberadaan Covid-19. Mereka beranggapan virus ini hanyalah permainan dan rekayasa semata. Sehingga masih banyak masyarakat yang masih menyepelekan pentingnya 3M + 1T.

“Yang masih berpikiran Covid-19 itu permainan, rekayasa ayo ubah pola pikirnya. Pakai masker itu sesuatu yang mudah, ringan tetapi memberikan efek yang sangat besar. Kita bisa saling melindungi saat kita bertemu orang di luar rumah,” ujarnya dalam keterangannya kepada sulselekspres.com Selasa (17/11/2020).

AKBP Try kemudian pada poin kedua yang tak kalah penting yakni rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

“Di samping memakai masker, selalu membiasakan mencuci tangan setiap habis ketemu orang. Tujuannya, karena kadang-kadang kita tidak sengaja menyentuh benda, menyentuh orang yang orang itu mungkin barangkali membawa virus. Dengan dicuci dengan menggunakan sabun, virusnya itu akan segera hilang,” lanjutnya.

AKBP Try juga mengingatkan untuk selalu menjaga jarak di mana pun dan dengan siapapun Anda bertemu. Tidak berkerumun.

“Kalau kita ketemu dengan siapa saja, megobrol, kita jaga jarak, tidak berkerumun, paling tidak satu meter. Karena secara teori, kuman ini dirularkan oleh droplet. Jadi 3M + 1T itu harus betul-betul diterapkan. Dan itu saya lihat masih kurang,” ingatnya.

BACA JUGA :  Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Soal Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Padahal, Kami bersama TNI dan Pemerintah Daerah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas. Dari mulai, menggelar operasi masker, penyuluhan, sosialisasi dan lain sebagainya.

“Namun, itu semua tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan kesadaran dari dalam diri kita masing-masing,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir apabila semua elemen masyarakat kompak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Kalau kita kita kompak menerapkan protokol kesehatan, pandemi bisa cepat berakhir. Begitupun sebaliknya, kalau kita menyepelekan kasusnya akan semakin meningkat. Jadi ayo bersama-sama terapkan 3M + 1T,” tandasnya.

BACA JUGA
PenulisYusnadi

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6