33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaDaerahKecamatan Bacukiki Permudah Perizinan Pelaku Usaha UMKM

Kecamatan Bacukiki Permudah Perizinan Pelaku Usaha UMKM

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kecamatan Bacukiki memberikan berbagai kemudahan menyangkut implementasi inovasi Kantong Kreatif Bacukiki. Inovasi yang telah diterapkan Bacukiki beberapa waktu lalu tersebut, dibuat dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif masyarakat.

Camat Bacukiki, Iskandar Nusu mengatakan, pihak Kecamatan memberikan fasilitas berupa kemudahan bagi pelaku ekonomi kreatif, dalam pengurusan legalitas usahanya. Kemudahan diberikan, kata dia, dengan mempertimbangkan kendala yang sering ditemui pelaku usaha, yakni modal dan pemasaran.

BACA: Inovatif! Bacukiki Hadirkan Aplikasi Kantong Kreatif

“Jadi, untuk penambahan modal melalui kredit bisa lebih mudah, karena administrasi pemberkasan sudah lengkap,” katanya, Senin (26/11/2018).

Iskandar menjelaskan, kemudahan juga diberikan sebagai bentuk dorongan dari Bacukiki untuk menggunakan political willnya dengan proporsional, dengan memberikan pelayanan administrasi publik dengan baik. Karena, katanya, peran utama pemerintah dalam perkembangan industri kreatif, tidak selamanya berupa dukungan bantuan finansial, insentif maupun proteksi, tetapi dapat juga berupa komitmen.

BACA: Sulit Dipahami Warga, KUA Bacukiki Beri Penjelasan Terkait Nikah Sirih dan Masa Iddah

“Kami telah berkoordinasi dengan OPD terkait untuk fasilitasi pengurusan izin usaha, termasuk sertifikat halal bagi usaha kuliner. Untuk tahap pertama, kami prioritaskan kepada para pelaku usaha kreatif, dan UMKM yang dianggap usahanya mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan dan telah secara rutin memproduksi produknya,” ungkapnya.

Terpisah, salah seorang pelaku usaha kreatif di Bacukiki, Halim mengemukakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya kemudahan fasilitas, yang diberikan dalam pengurusan legalitas usaha di Kantong Kreatif Bacukiki.

BACA: Watang Bacukiki Raih Juara II Lomba Kelurahan Tingkat Sulsel

“Yang kami butuhkan memang adanya dukungan pemerintah terhadap usaha kami ini, salah satunya dukungan pada kemudahan pembuatan surat izin usaha kami. Adanya izin-izin tersebut membantu keberlangsungan usaha kami,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kecamatan Bacukiki Gelar Penilaian Kinerja Tingkat RT/RW
Penulis : Luki Amima
spot_img

Headline