24 C
Makassar
Jumat, April 23, 2021
BerandaEdukasiKomunitas Paranta Mangkasara' Eratkan Silaturahmi Lewat Buka Puasa Bersama

Komunitas Paranta Mangkasara’ Eratkan Silaturahmi Lewat Buka Puasa Bersama

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komunitas Paranta Mangkasara’ menggelar buka puasa bersama di Warung Makan Mariki Dii, Jl Tamangapa Raya, Manggala, Makassar, Minggu (19/5/2019).

Komunitas yang konsisten menjaga kebudayaan Makassar ini menggelar buka puasa dan silatuhrahmi antar anggota dengan acara sederhana.

Makir Dg Bantang pemilik rumah makan Mariki Dii yang juga anggota Komunitas Paranta Mangkasara’ mengatakan, bahwa setiap tahunnya agenda buka puasa bersama dilakukan untuk mempererat silaturahmi didalam internal komunitasnya.

“Alhamdulillah setiap bulan ramadan kita gelar buka puasa dan bagi takjil bersama, ini salah satu cara tetap menjaga silaturahmi dan eksistensi komunitas paranta mangkasara’,” kata Dg Bantang.

Komunitas Paranta Makasara’ sendiri pada mulanya adalah sebuah perkumpulan dalam sebuah media social (Facebook) yang dalam perkembangannya melebarkan sayap menjadi sebuah wadah organisasi yang mendedikasikan diri dalam melestarikan, menjaga, mengembangkan, memajukan, dan membiasakan penggunaan bahasa Makassar dan lontara’ Makassar dalam segala bidang dan aspek kehidupan sesama orang-orang Makassar (yang selanjutnya disebut Paranta Mangkasara’) yang bersendikan pada adat istiadat dan budaya Makassar yang menjunjung tinggi siri’ na pacce berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Itulah makna filosofi terbentuknya Komunitas budaya ini, dan Alhamdulillah mendapat respon positif dari banyak kalangan sehinga pada tanggal 1 Januari 2014 Komunitas ini pun diresmikan,” ujar Wadan Laskar Merah Putih tersebut.

Penulis: Andika

- Advertisment -

Headline