32 C
Makassar
Kamis, Desember 8, 2022
BerandaDaerahKPPN Parepare Gelar Penyusunan Laporan Keuangan dan Rekonsiliasi, Libatkan 109 Satker Ajatappareng

KPPN Parepare Gelar Penyusunan Laporan Keuangan dan Rekonsiliasi, Libatkan 109 Satker Ajatappareng

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Parepare, menggelar Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2022 dan Pelaksanaan Rekonsiliasi

Kegiatan dilaksanakan secara berkala yang diikuti seluruh satuan kerja lingkup KPPN Parepare dan 109 satker wilayah Ajatappareng, di Kantor KPPN Parepare, Selasa (18/10/2022).

Kepala KPPN Parepare Alim Afifi mengatakan, selaku Bendahara Umum Negara (BUN), KPPN Parepare berkewajiban menyusun Laporan Keuangan tingkat Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA-BUN).

“Ini dalam rangka mitigasi risiko dan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyajian dan pengungkapan Laporan Keuangan Triwulan III. Kegiatan ini kami beri istilah ‘Barongko’ yakni Bicara Laporan Keuangan dan Rekonsiliasi,” katanya.

Alim menekankan akan pentingnya menjaga kualitas laporan keuangan, dengan mengikuti pedoman yang telah ada, dan menjadikan narasumber yang hadir sebagai tempat bertanya, apabila ada anomali atau permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan.

“Saya harap kegiatan ini bisa dimaksimalkan dalam proses penyusunan laporan keuangan, bahkan untuk kegiatan-kegiatan lain di luar itu yang berkaitan dengan pelaksanaan anggaran seperti CMS (Cash Management System) dan lain-lain” ungkapnya.

Alim memaparkan, CMS merupakan salah satu jenis layanan satuan kerja pengguna anggaran dimana bendahara satker, dapat melakukan pengelolaan keuangan secara mandiri dengan online. Pembayaran langganan daya dan jasa, katanya, bisa dilakukan sambil duduk tanpa perlu hadir di loket-loket pembayaran, tentu sangat memudahkan pengguna layanan.

“Diharapkan laporan keuangan dapat terselesaikan tepat waktu dengan kualitas dan pengungkapan laporang keuangan sebagaimana pedoman yang ditetapkan berupa Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Equitas, Laporan Operasional dan Catatan atas Laporan Keuangan,” tandasnya.

spot_img

Headline

Populer