31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthMakanan dan Minuman untuk Mengatasi Insomnia

Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Insomnia

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kurang tidur di malam hari, atau insomnia bisa memicu banyak penyakit fisik maupun mental. Untuk itu, menjaga kualitas tidur perlu dilakukan.

Namun, sering kali terjadi seseorang mengalami insomnia akut. Untuk mengatasinya, beberapa makanan atau minuman dapat membantu mengatasi insomnia.

Beberapa dampak yang sering terjadi akibat insomnia termasuk menjadi cepat marah, sering cemas berlebihan, obesitas, bahkan memicu munculnya masalah penuaan dini.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mengatasi sulit tidur dengan mengonsumsi makanan dan minuman berikut in, dilansir dari halodoc.com:

Oatmeal atau Nasi

Oatmeal maupun nasi menjadi makanan sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Sebab, asupan karbohidrat menjelang tidur akan membantu memicu munculnya rasa kantuk dan meningkatkan durasi tidur, seperti disebutkan dalam studi pada jurnal Plos One.

Meski demikian, kamu tetap harus memperhatikan asupan dan waktu makan. Sebab, nasi bisa mengakibatkan peningkatan gula darah secara signifikan. Jadi, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Makan setidaknya satu jam sebelum tidur dengan porsi cukup supaya tidak memicu obesitas dan diabetes.

Teh Chamomile

Manfaat teh untuk relaksasi memang sudah tidak diragukan lagi. Konsumsi teh herbal, misalnya teh chamomile juga bisa membantu mengatasi insomnia yang kamu alami. Sebab, teh ini memiliki kandungan flavon, sejenis antioksidan yang membantu mengatasi peradangan pemicu sulit tidur.

Selain flavon, teh chamomile juga mengandung antioksidan apigenin. Senyawa ini dapat berikatan dengan reseptor yang terdapat pada sel otak sehingga memicu rasa kantuk.

Studi dalam BMC Complementary and Alternative Medicine menyebutkan, konsumsi teh chamomile bisa membantu meningkatkan kualitas tidur pada pengidap insomnia.

Susu Hangat dan Madu

Mengonsumsi susu hangat di malam hari mampu membantu kamu untuk tidur nyenyak. Sebab, di dalam segelas susu mengandung tryptophan dan asam amino. Tidak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur.

Madu kaya akan glukosa yang berguna untuk memberitahu otak untuk menurunkan kinerja oreksin. Kamu hanya perlu minum satu sendok madu untuk dapat tidur nyenyak.

Kacang-Kacangan

Salah satu jenis kacang yang baik untuk mengatasi insomnia adalah kacang almond. Kandungan magnesiumnya yang tinggi dan triptofan di dalamnya dapat membantu mengurangi fungsi saraf dan otak. Kacang almond juga dapat menstabilkan irama jantung sehingga membuat kamu cepat mengantuk.

Selain almond, kacang brasil dan kenari juga merupakan camilan yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebab, dua kacang ini mengandung protein, kalium, dan selenium yang membuat hormon tidur bekerja lebih baik.

Ikan

Ikan menjadi bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, makanan satu ini juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk mengatasi sulit tidur.

Vitamin B6 sendiri bekerja aktif dengan membantu produksi melatonin yang bekerja sama dengan serotonin, untuk memastikan siklus tidur tetap seimbang.

Biasanya, tubuh akan membuat melatonin pada malam hari. Oleh karena itu, konsumsi ikan beberapa jam sebelum tidur diyakini dapat membantu menstimulasi terbentuknya melatonin lebih dini. Alhasil,  kamu bisa mengantuk lebih cepat.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang efektif untuk membantu mengatasi insomnia. Apabila kondisi ini tidak membaik, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

spot_img

Headline