28 C
Makassar
Sunday, May 19, 2024
HomeHealthManfaat Buah Campolay untuk Kesehatan

Manfaat Buah Campolay untuk Kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Buah campolay mungkin tidak sepopuler buah lainnya. Namun, buah berwarna seperti kuning telur matang ini memiliki rasa yang manis dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah ini dapat kamu makan secara langsung, ataupun untuk memasak. Dalam hal gizi, buah ini sarat dengan berbagai nutrisi sehingga dianggap sebagai makanan super atau super food.

Ini mengandung sekitar 50 persen lebih banyak kalori daripada pisang, dengan kandungan protein yang hampir sama banyaknya dengan alpukat. Buah ini juga rendah lemak, sehingga cocok untuk kudapan saat sedang diet.

Tentang Buah Campolay

Buah campolay atau canistel adalah buah asli Amerika Tengah. Tanamannya biasanya tumbuh liar di Meksiko bagian selatan (termasuk Yucatan), Belize, Guatemala dan El Salvador. Karena enak dan serbaguna, buah ini menjadi populer di berbagai negara, termasuk negara-negara Asia Tenggara.

Buah mentah berkulit hijau, keras dan bergetah di bagian dalam. Saat matang, kulit berubah menjadi kuning lemon, kuning keemasan atau kuning oranye pucat, sangat halus dan mengkilap. Kelopaknya 5 menunjuk ke dasar, yang mungkin membulat atau dengan cekungan yang jelas.

Tekstur kulitnya relatif keras dan bertepung dengan sedikit serat halus. Di sekitar pusat buah memiliki tekstur lebih lembut. Rasa buah campolay cukup manis dan sedikit musky. Buah ini memiliki 1 hingga 4 biji yang keras dan lonjong, dengan kedua ujung yang tajam.

Manfaatnya untuk Kesehatan

Sama seperti kebanyakan buah lainnya, campolay juga kaya akan berbagai macam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Nutrisi ini berkontribusi pada berbagai manfaat kesehatan, yaitu:

Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi buah buah campolay membantu mengatur tekanan darah sekaligus meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, buah ini tinggi mineral tertentu terutama potasium untuk mencegah efek terburuk natrium dalam aliran darah ke jantung.

Menurunkan Risiko Diabetes

Buah campolay adalah sumber niasin yang luar biasa. Zat ini efektif menurunkan risiko diabetes. Selain efek niasin, serat yang terkandung dalam buah ini juga membantu dalam mengatur kadar gula darah.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Buah ini adalah penguat kekebalan yang sangat baik dan alami karena mengandung vitamin C. Warnanya yang kuning cerah merupakan tanda bahwa buah ini mengandung vitamin C dosis tinggi. Vitamin ini merupakan antioksidan super ampuh yang akan memberikan perlindungan bagi tubuh.

Baik untuk Mata

Sama seperti semua buah berwarna kuning-oranye lainnya, buah campolay juga kaya akan sumber karotenoid pro-vitamin A. Karotenoid ini diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan yang baik. Karotenoid memiliki sifat antioksidan dan karenanya melindungi mata dari efek berbahaya dari radikal bebas. Mereka memainkan peran penting dalam menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Melancarkan Pencernaan

Buah campolay adalah sumber serat makanan yang sangat baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mendorong buang air besar secara teratur.

Ini akan membuat kamu terlindungi dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan sindrom usus tidak teratur. Serat juga membantu mengatur kadar glukosa darah dan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.

Mencegah Anemia

Karena kandungan zat besi yang tinggi, buah campolay sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan juga membantu mencegah anemia. Ini adalah kondisi akibat kekurangan zat besi dalam tubuh.

Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam sel darah. Hemoglobin membantu mengikat oksigen dan nutrisi dalam sel darah merah dan membawanya ke setiap bagian sel tubuh kita. Jadi, sel-sel tubuh kita dapat memperoleh oksigen dan nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah campolay mengandung banyak mineral, termasuk kalsium, zat besi dan fosfor. Kalsium dan fosfor sangat baik untuk kesehatan tulang dan zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah yang berperan penting dalam perkembangan tubuh dan tulang.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img