27 C
Makassar
Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaHealthManfaat Melakukan Perawatan Fractional Laser

Manfaat Melakukan Perawatan Fractional Laser

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Perawatan fractional laser dapat mengobati berbagai masalah kulit baik karena masalah kosmetik dan medis. Mulai dari tanda-tanda penuaan yang terlihat, kerusakan akibat sinar matahari, hingga bekas luka dan kanker kulit.

Kerusakan kulit karena paparan sinar matahari

Paparan sinar UV dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat, seperti:

Keriput.

Kulit kendur karena elastisitas menurun.

Tekstur kulit kasar dan tidak rata.

Pembuluh vena yang terlihat pada permukaan kulit wajah.

Perawatan fractional laser dapat secara signifikan mengurangi tampilan semua kondisi kulit tersebut.

Bekas jerawat

Selain itu, perawatan wajah dengan metode fractional laser juga membantu mengurangi munculnya jaringan parut jerawat. Caranya dengan menstimulasi produksi kolagen yang membantu mengencangkan dan menghaluskan bekas luka.

Kutil

Dermatologis biasanya merekomendasikan metode pengobatan lain, seperti obat bebas atau pembekuan untuk mengatasi kutil. Meski begitu, bukan tidak mungkin menggunakan laser untuk menghilangkan kutil yang tidak merespon pengobatan lainnya.

Sebasea hiperplasia

Hiperplasia sebasea terjadi ketika sebum terperangkap di kelenjar minyak. Ketika ini terjadi, kelenjar menjadi membesar dan menyebabkan benjolan kecil seperti lilin di kulit, biasanya di wajah. Meskipun tidak berbahaya, beberapa orang ingin menghilangkannya karena alasan kecantikan.

Perawatan fractional laser dengan CO2 dapat secara efektif menghilangkan benjolan ini dan mencegahnya tumbuh kembali. Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa laser erbium mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Sebuah tinjauan dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan, bahwa perawatan dengan laser erbium sering kali hanya membutuhkan satu sesi dan melibatkan lebih sedikit efek samping, daripada fractional laser dan metode perawatan dengan laser lainnya.
Kanker Kulit

Perawatan laser ini juga dapat membantu mencegah maupun mengobati kanker kulit dengan mengecilkan dan menghancurkan jaringan. Menariknya, metode ini hanya menimbulkan sedikit pendarahan atau kerusakan pada jaringan di sekitarnya.

Dokter spesialis kulit mungkin akan menggunakan fractional laser pada kondisi keratosis aktinik pra-kanker atau, dalam beberapa kasus, untuk mengobati beberapa jenis kanker kulit tahap awal.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline