32 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaHealthManfaat Menikah bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Menikah bagi Kesehatan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menikah yang paling sering terdengar adalah dapat memperpanjang usia, terutama pada laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang sudah menikah dan mengalami serangan jantung memiliki potensi bertahan hidup lebih lama, dibandingkan laki-laki lajang yang mengalami serangan jantung.

Alasannya karena keberadaan pasangan hidup yang memperhatikan dan mengingatkan rutinitas minum obat, serta menemani kontrol ke dokter secara rutin, akan meningkatkan peluang untuk pulih. Selain itu, bersama-sama menjalani pola hidup sehat juga dapat mencegah perbukuran penyakit.

Selain bisa memperpanjang usia, menikah juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, di antaranya:

Menjaga tekanan darah lebih stabil

Menurut penelitian, seseorang yang menjalani pernikahan bahagia memiliki tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan mereka yang masih lajang. Bahkan, pelukan hangat dari pasangan juga bisa berdampak baik pada tekanan darah, lho.

Menjaga kesehatan mental

Hidup sendiri atau terisolasi kerap dikaitkan dengan depresi. Nah, menikah dan memiliki pasangan dipercaya bisa membantu mengurangi depresi. Selain itu, pernikahan yang bahagia juga bisa membantu kamu untuk mengelola rasa stres yang mungkin muncul.

Menyembuhkan luka dengan cepat

Menurut penelitian, menjalani pernikahan dengan bahagia diyakini bisa membantu mempercepat penyembuhan luka terbuka. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Membuat tubuh jadi lebih bugar

Menjalani hari-hari dengan orang tercinta bisa membuatmu merasa selalu dicintai. Perasaan ini pun bisa menekan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Tidak hanya itu saja, hal ini juga sangat baik untuk daya tahan tubuhmu, lho. Jadi, menikah dengan orang terkasih bisa membuat tubuh bugar dan tidak mudah terinfeksi penyakit.

Selain manfaat di atas, saat sudah menikah, kamu dan pasangan tentu akan melakukan hubungan intim. Nah, hubungan intim secara rutin mampu memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan kualitas tidur, membakar kalori, mengencangkan otot tubuh, meredakan sakit kepala, serta menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA :  Jomblo dan Sering Alami Stres? Menikah adalah Solusinya

Setelah mengetahui manfaat menikah bagi kesehatan tubuh, sayang sekali rasanya jika kamu melewatkannya. Namun, ingat ya, pernikahan yang indah dan bahagia bukan yang selalu bergelimang harta atau tidak pernah ada pertengkaran sama sekali, ya.

Penting untuk kamu tanamkan dalam diri bahwa pernikahan berkualitas bisa didapat dengan cara saling menghargai, berkata jujur, menjalin komunikasi yang baik, serta memegang teguh komitmen.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer