26 C
Makassar
Selasa, November 29, 2022
BerandaHealthManfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sejak dulu, masyarakat Indonesia telah menggunakan kemiri sebagai bumbu untuk menambah cita rasa dalam makanan dan obat herbal. Namun, tidak hanya itu, minyak biji kemiri juga kerap dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya perawatan rambut.

Ini karena minyak kemiri mengandung asam lemak linoleat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang dipercaya mampu menutrisi dan mencegah kerusakan rambut. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki rambut sehat dan kuat, tidak ada salahnya memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut.

Manfaat utama yang bisa diperoleh dari minyak kemiri adalah menutrisi rambut. Sebuah studi menyatakan bahwa berbagai nutrisi dari minyak kemiri memiliki efek baik untuk rambut, seperti:

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Memperkuat akar rambut
Membuat rambut lebih lembut
Mencegah rambut kusut
Membuat rambut tampak lebih bercahaya
Mengatasi ketombe

Selain itu, minyak kemiri juga dikatakan berkhasiat untuk menyuburkan dan melembapkan rambut, serta memperbaiki rambut rusak. Inilah yang menjadi alasan minyak kemiri baik untuk mengatasi masalah rambut kering, rapuh atau mudah rontok, dan rusak.

Namun, manfaat minyak kemiri untuk rambut tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya lebih jauh.

Pengunaan Minyak Kemiri untuk Rambut

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan guna memperoleh manfaat minyak kemiri untuk rambut:

Kondisioner

Cara pertama adalah dengan menggunakan minyak kemiri sebagai kondisioner rambut. Untuk membuatnya, Anda cukup mencampurkan minyak kemiri dengan santan. Oleskan dari batang hingga ujung rambut dan diamkan selama 3 menit, kemudian bilas hingga bersih.

BACA JUGA :  Beragam Cara Mengatasi Rambut Rontok

Masker rambut

Selain kondisioner, Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai masker rambut. Cukup oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan rambut. Pijat secara perlahan, lalu diamkan setidaknya 20 menit agar nutrisi minyak kemiri meresap ke rambut.

Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih, lalu gunakan sampo. Agar hasilnya maksimal, Anda disarankan menggunakan masker rambut ini seminggu sekali. Namun, jika rambut cenderung berminyak, Anda bisa melakukannya 2 minggu sekali

Serum rambut

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk menggunakan kondisioner atau masker rambut dari minyak kemiri, Anda bisa memakainya sebagai serum atau minyak rambut. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada batang rambut setelah keramas atau saat rambut dalam keadaan setengah kering.

Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri pada kondisi rambut kering untuk melembapkan dan melindungi rambut dari paparan radiasi sinar UV.

Terlepas dari manfaatnya, sebagian orang mungkin bisa mengalami efek samping atau reaksi alergi, seperti gatal-gatal, bentol, atau kemerahan di kulit, terlebih orang yang memiliki alergi terhadap kacang.

Oleh karena itu, jika memiliki alergi kacang, Anda disarankan melakukan tes lebih dulu dengan mengoleskan minyak kemiri pada lengan. Ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya reaksi alergi ketika menggunakannya.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer