BerandaRagamManfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Cocok Buat Ibu Hamil

Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Cocok Buat Ibu Hamil

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebelum menjelaskan mengenai khasiat sari kurma, perlu Anda ketahui bahwa sari kurma dibuat dengan bahan 100% kurma, di mana hal itu menjadikan manfaat yang didapatkan tubuh sama seperti ketika Anda makan buahnya secara langsung. Selain itu, banyak orang menggunakannya sebagai pemanis pengganti gula karena memiliki efek yang lebih sedikit untuk mengganggu keseimbangan gula darah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sari kurma yang berguna bagi tubuh, di antaranya:

1. Menjadi Sumber Energi yang Baik

Manfaat sari kurma yang pertama adalah menjadi sumber energi, terutama bagi Anda yang mengalami kelesuan. Kehadiran energi tinggi di dalamnya dapat dikaitkan dengan kadar gula yang tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Food Sciences and Nutrition menunjukkan bahwa kurma dapat membantu tubuh mendapatkan kembali energi dengan segera.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat sari kurma berikutnya adalah kemampuannya untuk menjaga kondisi otak tetap optimal. Menurut sebuah penelitian, buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya akan fenolat serta antioksidan alami seperti seperti anthocyanin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Beberapa senyawa ini berpotensi membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

BACA: 3 Manfaat Bayam Merah untuk Kulit dan Rambut

3. Mengatasi Sembelit

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa buah kering ini memiliki tingkat serat makanan dan serat tak larut yang tinggi. Serat tidak larut yang ditemukan pada kurma meningkatkan sistem pencernaan yang sehat dengan membuat tinja lebih padat dan membantu meredakan gejala sembelit.

Makanan yang kaya serat sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan memastikan perjalanan makanan yang nyaman melalui saluran usus.