26.3 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaParlemanMarak Tawuran, Cicu Ajak Orang Tua di Makassar Jaga Anaknya

Marak Tawuran, Cicu Ajak Orang Tua di Makassar Jaga Anaknya

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi mengajak warga khususnya orang tua untuk menjaga anak. Pasalnya, saat ini marak terjadi tawuran antar kelompok yang melibatkan anak dibawa umur.

Hal itu ia sampaikan saat menggelar Sosialisasi Perda Pemprov Sulsel nomor 4 tahun 2013 tentang sistem perlindungan Anak di Gedung STM Pembangunan, Jalan Sunu, Kelurahan Suangga, Kecamatan Tallo, Sabtu (1/5).

“Banyak kasus tawuran terjadi dan itu melibatkan anak dibawa umur. Kita minta orang tua agar menjaga anaknya,” ujar Andi Rachmatika Dewi.

Jika semua orang tua memberikan perhatian dan mengawasi, Sambung Cicu—sapaan akrabnya, bisa dipastikan tidak akan terjadi hal-hal yang diinginakan seperti tawuran. Selain itu, peran aktif RT dan RW dan juga tripika yakni lurah dan TNI-Polri.

“Saya kira Perda harus disebarluaskan sehingga bisa memberikan pemahaman bahwa anak punya hak dan mesti dilindungi,” tukasnya.

Terpisah, Plt Lurah Suangga, Suryadi mengatakan, pihaknya telah meningkatkan koordinasi dengan Tripika Kecamatan. Peran orang tua juga dibutuhkan untuk meredam adanya aksi tawuran.

“Tripika intens patroli khususnya di waktu-waktu yang dianggap rawan melakukan tawuran seperti buka puasa, tarwih dan habis salat subuh. Jadi, ada personel yang menjaga disana,” kata Suryadi.

Jika ditemukan anak yang melakukan tawuran, kata Suryadi, petugas akan memberikan pembinaan dan biasanya di tahan sementara di Polsek. Tujuannya, memberikan efek jera kepada pelaku tawuran.

“Ini sepertinya kronis, karena hampir setiap tahun begini kondisinya. Kita juga libatkan tokoh agama untuk memberikan masukan dari sisi keagamaan,” bebernya.

spot_img
- Advertisment -

Headline