22 C
Makassar
Thursday, June 20, 2024
HomeHealthMenerapkan Tips Puasa bagi Pengidap Maag 

Menerapkan Tips Puasa bagi Pengidap Maag 

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Salah satu cara agar maag tidak mudah kambuh adalah menghindari kebiasaan telat makan. Lantas, bagaimana jika pengidap maag ingin ikut menjalankan ibadah puasa? Kabar baik bagi pengidap kondisi ini, sebab ada beberapa tips puasa bagi pengidap maag yang bisa diterapkan agar tidak mudah kambuh. Berikut beberapa tipsnya:

Jangan Lewatkan Sahur 

Biar maag tidak mudah kambuh, pastikan untuk tidak melewatkan makan sahur setiap hari. Selain itu, hindari juga makan berlebihan saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, hal ini bisa membuat lambung bekerja lebih keras sehingga meningkatkan risiko munculnya gejala sakit perut, kembung, atau begah. Disarankan juga untuk makan secara perlahan dan dalam porsi secukupnya.

Pilih Makanan Sehat  

Salah satu pemicu maag adalah konsumsi makanan tertentu. Maka dari itu, pilihlah jenis makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Sebisa mungkin, hindari jenis makanan dan minuman yang bisa meningkatkan risiko maag, seperti makanan yang terlalu berlemak, makanan asam, minuman bersoda, serta makanan cepat saji.

Jangan Tidur setelah Makan  

Rasa kantuk pada saat sahur memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, sebisa mungkin usahakan agar tidak langsung tidur setelah makan. Hal ini bisa meningkatkan risiko maag kambuh dan membuat perut terasa tidak nyaman. Jika ingin tidur kembali setelah sahur, tunggulah selama beberapa menit hingga jam.

Jika tidak tertahankan, atur posisi tidur yaitu dengan setengah duduk agar posisi kepala dan bahu lebih tinggi daripada perut. Hal ini akan menghindari risiko makanan kembali ke kerongkongan dan memicu sakit maag.

Kelola Stres dengan Baik 

Stres dan emosi yang tidak dikelola dengan baik faktanya menjadi salah satu penyebab munculnya gejala maag. Maka dari itu, penting untuk mengelola stres dan emosi dengan baik. Selain untuk mencegah terjadinya maag, mengelola emosi juga merupakan salah satu esensi dari puasa. Ibadah ini mengajarkan untuk menahan hawa nafsu, seperti rasa marah dan sedih. Jika sudah merasa lelah, beristirahatlah sejenak dari semua pekerjaan, dan beri waktu bagi tubuh untuk bersantai. Kamu juga bisa melakukan latihan pernapasan atau berolahraga ringan agar tidak stres.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img