Menikmati Seduhan Sensasi Kopi Berkualitas dari Ketinggian Tana Toraja

TANA TORAJA, SULSELEKSPRES.COM – Jangan asal mengaku penikmati kopi. Apalagi jika belum pernah merasakan sensasi kenikmatan seduhan kopi berkualitas di ketinggian 1750 meter dari permukaan laut.

Anda bisa menikmati momen seperti ini jika berkunjung diperkebunan kopi Rantekarua. Perkebunan kopi ini dibawah naungan bendera PT. Sulotco Jaya Abadi yang terletak di Bolokan Lembang Tiroan, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Tempat ini bukan hanya memberikan Anda kenikmatan menyeruput kopi dari ketinggian, tapi juga memastikan Anda mendapatkan kopi dengan kualitas yang tak diragukan.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang kopi. Belum lagi kalian bisa membeli green beans kopi langsung di tempat ini tanpa tangan kedua.

Anda tidak perlu khawatir apakah kopi yang anda beli merupakan kualitas nomor satu atau bukan karena disana sebelum melakukan pembelian kopi, pengunjung akan diajar untuk melakukan Test Cup (uji Cita Rasa kopi) oleh orang yang sangat berkompoten dalam bidan Cupping.

 

Kopi merupakan tanaman dengan harga jual yang berekonumis tinggi. Kopi ini dapat mengangkat perekonomian ketika di kelolah dengan baik dan benar. Tanaman kopi dapat tumbuh di dataran tinggi yakni 700 – 1.700 Mdpl.

Ada tiga macam jenis tanaman kopi yaitu Arabica, Robusta, dan Liberika. PT. Sulotco Jaya Abadi mengelolah tanaman kopi mulai dari teknik budidaya sampai pengolahan biji (Green Beans) yang siap Ekspor.

Perkebunan mencapai 1.200 Ha, ada sekitar 700 Ha lahan kebun yang di tanami tanaman kopi dengan berbagai jenis Vlvarietas. Diantaranya LINI S, Catuwai, USDA, CIFC, dan Typika yang telah tersertifikasi Organik.

Selain itu, di Perusahaan ini juga memiliki penangkaran Luwak liar. Dimana hewan yang menyerupai Musang ini bisa memakan buah kopi langsung dari pohonnya. Ada sekitar 452 ekor Luwak yang di pelihara, untuk harga jual Green Beans Luwak kopi mencapai Rp605.000/ 1Kg. Sungguh harga yang sangat Fantastis bukan?.

BACA JUGA :  Lagi, Toraja Utara Torehkan Rekor MURI Mencicipi Kopi Terbanyak

Kopi dari kebun Rantekarua ini prosesnya dilakukan dengan 2 cara, yakni Fully Washed dan Semi Washed. Untuk segi tata niaga Perusahaan Perkebunan Kopi Rantekarua PT. Sulotco Jaya Abadi ini menjual Green Beans Grade I dan melakukan ekspor ke berbagai Negara diantaranya Jepang, Jerman, Australia, Korea, Amerika Serikat dan China.

Untuk menuju Tana Toraja dari Kota Makassar dapat di tempuh dengan jalur darat maupun jalur Udara. Jalur darat umumnya dapat memakan waktu sekitar 8 – 9 jam perjalanan. Ini menggunakan bus atau mobil pribadi.

Sedangkan jalur udara hanya memakan waktu 45 menit saja, namun dari sisi harga pastinya lebih mahal.

 

Ditulis Oleh: Itha Purwanti/Citizen Reporter