33 C
Makassar
Monday, May 27, 2024
HomeDaerahMentan RI Semangati Petani Capai Swasembada dan Ekspor

Mentan RI Semangati Petani Capai Swasembada dan Ekspor

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Jambore Petani dan Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024 sukses dilaksanakan di Desa Kajaolaliddong, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 27 hingga 28 April 2024.

Ribuan petani hadir semarakkan jambore dengan digelar sejumlah lomba, mulai dari lomba Kemah, lomba kuliner ala lebaran, serta Lomba Olahraga Tradisional.

Kegiatan ini semakin semarak dengan kehadiran artis ibu kota berdarah Bugis, Selfi Yamma pada Sabtu 27 April malam, hingga Jalan Santai Anti Mager Minggu 28 April pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman juga menyapa para petani melalui video call.

“Keluarga saya para petani, terima kasih kepada saudara saudaraku yang berkumpul dalam rangka Jambore Pertanian,” ucapnya.

Owner Tiran Group ini mengajak para petani untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan dan Ekspor Pangan.

Lebih lanjut, Andi Amran yang juga Ketua IKA Unhas juga menekankan bahwa saat ini pemerintah tengah berusaha memastikan kebutuhan para petani dapat terpenuhi. Hal ini terbukti dengan penambahan alokasi pupuk subsidi untuk petani sebesar Rp28 triliun.

“Keputusan ini merupakan langkah signifikan untuk mendukung sektor pertanian, yang sebelumnya telah mengalami penurunan alokasi dalam empat tahun terakhir dengan adanya tambahan ini, kita telah berhasil meningkatkan alokasi pupuk subsidi secara signifikan, dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Andi Amran menyebutkan pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk pompa air bagi petani sebesar Rp5,8 triliun serta optimalisasi lahan rawa sebesar Rp3 triliun.

“Langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat infrastruktur pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai swasembada pangan,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan kelompok yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan Jambore dengan tertib hingga selesai.

“Sebagai Kadis Pertanian mengucapkan terima kasih kepada petani yang mengikuti jambore, semangat petani Bone terus berkobar dengan dukungan penuh dari pemerintah dan mitra kerja yang peduli terhadap kemajuan pertanian di daerah ini,” ucap mantan Camat Barebbo.

Andi Asman menyebutkan kehadiran kurang lebih 5.300 peserta, yang mengikuti jambore semakin semarak berkat bantuan dari Menteri Pertanian dan partisipasi mitra kerja Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone.

“Para petani yang bersilaturahmi dari 27 kecamatan di Kabupaten Bone dapat sharing dan menyamakan persepsi dalam menghadapi masalah pertanian, mulai hama serta pemakaian pupuk yang tepat,” sebut mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone.

Sementara itu, mantan Gubernur Sulsel (Andalan), Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini yang menjadi rangkaian dalam acara Jambore Petani dan Kemah Bakti Saka Taruna Bumi dipusatkan di Bumi Perkemahan Bakke oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone.

“Sangat bersyukur dengan semangat jalan pagi meski pun kondisi becek akibat semalam sudah turun hujan. Kita pun memberikan semangat kepada seluruh petani bersama dengan penyuluh untuk tetap menjaga maupun meningkatkan hasil produksi pertanian di Sulsel,” akuinya.

Sekedar diketahui, pada rangkaian kegiatan tersebut juga digelar Jalan Pagi Anti Mager bersama ribuan petani dan masyarakat Kabupaten Bone sepanjang 2 Km di Kecamatan Barebbo.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer

spot_img