32 C
Makassar
Rabu, Februari 21, 2024
BerandaDaerahMomentum HAB Ke-78, Pemkab Gowa Akan Tuntaskan Guru Agama Ikuti PPG

Momentum HAB Ke-78, Pemkab Gowa Akan Tuntaskan Guru Agama Ikuti PPG

- Advertisement -
- Advertisement -

 

– Salah Satu Cara Sejahterakan Guru Agama Islam di Gowa

GOWA, SULSELEKSPRES.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni terus berkomitmen menjalankan program prioritasnya, salah satunya di bidang pendidikan dan keagaamaan.

Kali ini pihaknya akan kembali mengirim para guru agama Islam yang belum mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya peningkatan kompetensi guru/pendidik agama Islam sekaligus meningkatkan kesejahteraan guru.

“Kerjasama kita dengan Kementerian Agama terus kita tingkatkan. Salah satunya adalah PPG yang terinspirasi karena guru agama agar bisa mendapatkan tunjangan syaratnya harus memiliki sertifikasi atau sertifikat PPG sementara untuk kuota mengikuti itu antriannya sangat lama. Oleh karena itu, Pemkab Gowa berkomitmen membantu dan menjanjikan seluruh guru agama akan diikutikan PPG secara keseluruhan yang saat ini tersisa kurang lebih 120 orang,” ungkapnya saat menghadiri Ramah Tamah Kemenag Kabupaten Gowa dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti Ke-78 di Gedung De’Bollo Jalan Tumanurung, Sungguminasa, Rabu (3/1/2023).

Ia mengaku salah satu keuntungan dari PPG ini yakni para guru akan mendapatkan tunjangan sertifikasi yang berdampak baik terhadap kesejahteraan guru. Sehingga dirinya berkomitmen akan menyelesaikan seluruh guru mengikuti PPG sebelum masa jabatannya selesai.

“Ini kita lakukan sebagai upaya peningkatkan kesejahteraan guru karena jika mereka mendapatkan tunjangan maka minimal yang disejahterakan adalah keluarganya, jika dia mampu mensejahterakan keluarganya maka beban pemerintah semakin berkurang, karena tujuan pemerintahan adalah mensejahterakan masyarakatnya,” jelasnya.

Olehnya ia berharap momentum HAB ini, Kementerian Agama Kabupaten Gowa terus menunjukkan eksistensinya dan bisa berkolaborasi dengan Pemkab Gowa untuk Gowa yang lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera di masa yang akan datang.

BACA JUGA :  Bupati Gowa Adnan Purichta Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Kesuksesan itu bisa diraih dengan cara berkolaborasi, bekerjasama dengan siapapun, karena tidak ada satupun kesuksesan bisa diraih dengan cara seorang diri tapi harus melibatkan seluruh pihak yang ada sehingga kita mampu meraih prestasi dan keberhasilannya,” harapnya.

Sementara Kepala Kemenag Gowa, Aminuddin mengaku mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Gowa dengan mengikutkan 100 orang guru agama PPG setiap tahunnya yang telah dimulai sejak tahun 2022 lalu.

“Beberapa hal yang patut kita syukuri bahwa sejak tahun 2022 kemarin 100 orang guru pendidikan agama kita selesai PPGnya berkat Pak Bupati dan jajaran, insyaallah tersisa kurang lebih 120 orang dan bisa memperoleh sertifikasi,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan seluruh ASN kementerian telah dioreantasi terkait monderasi agama dan melakukan tranformasi digital terkait seluruh sistem untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses melalui aplikasi Pusaka dimana pihaknya telah mengintegrasikan seluruh layanan kementerian termasuk Siskohat, Simka, Si Halal, Dumas Online dan lainnya.

Pada Ramah Tamah ini, Bupati Gowa juga menyematkan Satyalancana kepada puluhan Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang telah mengabdi 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Turut dihadiri Perwakilan Forkopimda Gowa, Ketua FKUB Gowa, perwakilan tokoh agama, tokoh masyrakat, kepala KUA se-Kabupaten Gowa dan beberapa pimpinan SKPD terkait.(NH)

spot_img

Headline

Populer