27 C
Makassar
Selasa, Januari 18, 2022
BerandaNasionalPakar Klaim Pembakar Bendera PDIP Tak Bisa Dipidana, Muannas: Sesat

Pakar Klaim Pembakar Bendera PDIP Tak Bisa Dipidana, Muannas: Sesat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Advokat Muannas Alaidid menegaskan kalau pelaku pembakar bendera PDIP dalam aksi menolak RUU HIP beberapa hari lalu, bisa dijerat hukum.

Hal ini disampaikan Muannas sebagai bantahan terhadap pakar hukum pidana Fachrizal Afandi. Fachrizal seperti dikutip dari Tagar.id menyebut kalau pembakar bendera PDIP tidak bisa dipidana.

Muannas mengatakan, pernyataan Fachrizal adalah pendapat yang sesat. Pembakar bendera menurutnya bisa masuk delik menyebarkan berita bohong, kebencian dan permusuhan.

“Sesat, jgn berenti bendera dibakar, dalami bukti baru komentar, video demo yg beredar sbt “Bakar2X PKI” tp yg ikut dibakar bendera PDIP ini masuk delik menyebarkan berita bohong, kebencian & permusuhan,” tegas Muannas, (27/6/2020).

Dalam cuitan sebelumnya, Muannas juga mendorong aparat kepolisian untuk menindak tegas jika terjadi kegaduhan akibat aksi yang dimotori PA 212.

“Tinggal penegakkan hukum yg tersisa satu-satunya harapan ditengah kegaduhan karena kepentingan kelompok, apalagi kita punya pengalaman bbrp kali kerusuhan, polri jgn ragu tindak tegas berita bohong & kebencian yg merusak kedamaian kita,” katanya.

Sebelumnya, Fachrizal Afandi mengatakan belum adanya aturan yang dapat menjerat atau memidanakan pelaku pembakaran bendera partai politik. Kecuali jika yang dibakar adalah bendera atau lambang negara baru bisa dipidana.

“Sampai saat ini belum ada sih pasal yang dapat memidanakan pembakaran bendera partai. Kecuali kalau bendera negara ya, lambang negara,” ujar Fachrizal dikutip dari Tagar.

Diketahui, pembakaran bendera PDIP dan bendera Palu Arit terjadi dalam aksi menolak RUU HIP pada Rabu (24/6) lalu. Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan massa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI).

(*)

BACA JUGA :  Ahli: First Travel Tipe White Collar Crime
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6