25 C
Makassar
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaMetropolisPalumara Makanan Khas Kegemaran Kepala Diskominfo Sulsel

Palumara Makanan Khas Kegemaran Kepala Diskominfo Sulsel

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai gerbang Indonesia bagian timur sudah dikenal di penjuru nusantara Indonesia hingga ke mancanegara.

Sulsel bisa dijadikan titik mula berwisata dan business. Makassar adalah Ibu kota Sulsel yang keberadaannya sudah mendunia. Dengan keberadaan Benteng Rotterdam dan Benteng Somba Opu menjadi saksi Makassar-Gowa adalah bandar internasional untuk komoditas rempah dunia sejak abad-16.

Selain memiliki ragam sejarah, bahasa dan suku, serta pariwisata. Ternyata juga memiliki beragam jenis makanan khas yang sangat popoluer diantaranya, Coto Makassar, Konro, Kapurung dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA :  Lumpuh Karena Pandemi, Kondisi Pariwisata Tahun 2021 Masih Buram

Salah satu diantaranya menjadi kegemaran Kepala Diskominfo Sulsel Amson Padolo yakni Palumara makanan khas berasal dari Ibukota Sulsel, Kota Makassar, kota yang disebut Kota Daeng.

Kadis Kominfo Sulsel Amson Padolo saat melihat kegiatan UKW Dewan Pers di Makassar/Ist

“Saya sangat suka Palumara, saya sangat gemari kuliner Makassar satu ini,”ujarnya saat ditemui dalam kegiatan UKW yang difasilitasi Dewan Pers di Makassar pada Selasa (26/7/2022).

BACA JUGA :  Brand Baru Pariwisata Sulsel Tahun 2019 Sasar Kaum Milenial

Palumara merupakan sajian ikan yang berasal dari Makassar dan ada juga yang mengatakan kudapan ini khas Palu. Tampilan palumara yang sekilas terlihat mirip dengan asem-asem dan pindang bandeng.

Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan bandeng atau ikan kakap. Rasa dari kuah palumara ini cukup menyegarkan, apalagi ditambah kemangi, semakin menggugah selera.

Sajian ini juga disebut dengan Ikan ‘kuah kuning’ yang juga disebut memiliki cita rasa gurih, segar, dan pedas yang khas.

BACA JUGA :  Lovely Desember Toraja 2018 Terancam Tidak Digelar

Menurut Amson Padolo juga mengatakan bahwa Wisata bahari menjadi andalan, namun keelokan pegunungan Sulawesi Selatan juga tak bisa diabaikan seperti Tanah Toraja.

Meski demikian Dia berharap agar peran media bisa menjadi jembatan promosi wisata di Sulsel agar bisa lebih dikenal.

Sulawesi Selatan sangat memungkinkan dikembangkan menjadi destinasi wisata olahraga, alam, dan budaya. Pasalnya wisata Sulsel memiliki panorama yang elok sekaligus keunikan budaya.

spot_img

Headline