31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaEdukasiParagon Gelar Perayaan Kelulusan Wardah Inspiring Teacher 2022

Paragon Gelar Perayaan Kelulusan Wardah Inspiring Teacher 2022

- Advertisement -

JAKARTA, SULSELEKSPRES.COM – PT Paragon Technology and Innovation (Paragon), perusahaan kosmetik asli Indonesia yang menaungi brand pionir kosmetik halal yaitu Wardah, menggelar Graduation Ceremony, Wardah Inspiring Teacher (WIT) 2022.

Acara ini merupakan ajang perayaan semangat belajar para guru di Indonesia terutama para guru yang telah menjadi peserta WIT 2022. Adapun acara ini diselenggarakan secara daring dan luring di Head Office Paragon, Jakarta serta dihadiri oleh ratusan guru yang penuh antusias dari seluruh Indonesia.

Miftahuddin Amin (EVP & Chief Administration Officer Paragon) dalam sambutannya di acara Graduation Ceremony, Wardah Inspiring Teacher (WIT) 2022 mengatakan bahwa Paragon ingin mengapresiasi sekaligus memberdayakan para guru yang merupakan pendidik generasi penerus bangsa melalui WIT.

BACA JUGA :  Kadisdik Akan Keluarkan SK Untuk 2.725 Guru Honorer di Gowa

“Program WIT ini diinisiasi sebagai ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk bersama-sama memberikan apresiasi kepada para guru yang merupakan penggerak kebaikan di dunia pendidikan. Bersama WIT, kami ingin memberdayakan para guru sebagai pendidik bangsa agar dapat memperbesar lingkar pengaruh kebermanfaatan.“, ujar Miftahuddin Amin.

Sebagaimana diketahui, Paragon telah menyelenggarakan WIT sebagai salah satu program CSR di pilar pendidikan sejak tahun 2017. WIT sendiri merupakan program apresiasi yang diinisiasi Paragon untuk para guru melalui rangkaian pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dalam proses belajar-mengajar. Hal ini dilakukan agar apa yang diajarkan para guru bisa relevan dengan kebutuhan murid dan perkembangan zaman. Hingga saat ini, lebih dari 4000 guru di seluruh Indonesia telah menjadi lulusan WIT, mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/Sederajat.

Di tahun 2022, Paragon berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek RI, Yayasan Guru Belajar, dan Rumah Belajar WIT sebagai komunitas bagi para alumni. Rangkaian pelatihan WIT berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan dan mengusung tema “Merdeka Belajar : Mendidik dengan Hati, Memberi Inspirasi untuk Negeri”.

BACA JUGA :  Sosper Soal Pendidikan, Hasanuddin Leo Harap Orang Tua dan Guru Tahu Kewajibannya

Adapun rangkaian pelatihan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap dimana pada tahap pertama, para guru belajar mengenai profil murid merdeka belajar dan asesmen formatif merdeka belajar. Tahap kedua, para guru mendapatkan pembelajaran berbasis proyek merdeka belajar dan mendesain panduan pembelajaran berbasis proyek. Tahap terakhir, para guru belajar mengenai penulisan praktik baik merdeka belajar.

Acara Graduation Ceremony, Wardah Inspiring Teacher (WIT) 2022 merupakan akhir dari pelatihan WIT 2022. Para guru yang telah mengikuti WIT mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak atas semangat belajar yang tinggi dan kegigihannya dalam menuntaskan seluruh rangkaian pelatihan yang berlangsung secara sinkron maupun asinkron.

Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd (PLT Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek RI) menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada para guru di program WIT. Ia mendorong para guru untuk dapat menyebarluaskan manfaat yang telah diperoleh selama pelatihan WIT ke lebih banyak guru di Indonesia. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan bergotong-royong memperkaya konten di Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai wadah bagi para guru berinovasi dan menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tantangan zaman.

BACA JUGA :  Viral Istri Bongkar Gaji Sebulan Mengajar Suami, Isinya Jadi Sorotan

Bukik Setiawan (Ketua Yayasan Guru Belajar) turut memberikan apresiasi kepada para guru peserta WIT. Ia mengapresiasi para guru yang telah memenuhi panggilan jiwa untuk mendidik dan menjadi sumber inspirasi bagi para murid. Ia berharap setelah ini, para guru dapat tetap berhubung dan berkomunitas untuk mereformasi pendidikan di Indonesia.

Dalam acara Graduation Ceremony, Wardah Inspiring Teacher (WIT) 2022, Paragon turut memberikan kejutan kepada para guru dengan menghadirkan dua sosok inspiratif dalam sesi Inspiring Talkshow. Sosok inspiratif pertama yang hadir secara daring adalah Carina Joe yang merupakan Indonesian Biotechnician dan penemu vaksin covid-19, AstraZeneca. Dalam kesempatannya, Carina berbagi cerita mengenai proses perjalanannya hingga menemukan vaksin dan juga menyampaikan kepada para guru mengenai pentingnya mengajarkan resilience dan grit kepada para murid.

Sosok inspiratif lainnya yang menyambut para guru secara langsung adalah Dewi Sandra (Brand Ambassador Wardah). Ia bercerita tentang momen paling berkesannya bersama guru dan juga menyampaikan harapannya untuk para guru. “Guru adalah salah satu profesi terkeren bagi saya karena ini ada hubungannya dengan salah satu hal yang kita pelajari di agama yakni amal jariyah. Ilmu bermanfaat merupakan salah satu amal jariyah dan yang bisa memberikan ilmu bermanfaat adalah para guru. Generasi yang hebat dibentuk oleh para guru yang hebat pula” ujar Dewi Sandra.

Sebagai penutup, perwakilan dari Rumah Belajar WIT (read : komunitas bagi alumni WIT) menyambut para peserta WIT 2022 yang telah disahkan menjadi alumni untuk bergabung secara langsung menjadi bagian dari komunitas. Komunitas ini hadir sebagai kelanjutan pasca-program WIT untuk mewadahi guru-guru yang memiliki semangat belajar tinggi agar tetap dapat belajar bersama dan saling memberikan inspirasi. Lewat hadirnya Rumah Belajar WIT, Paragon berharap perjalanan WIT 2022 tidak berhenti sampai di sini saja namun dapat menjadi suatu proses berkelanjutan untuk memberikan dampak kebaikan bagi masyarakat dan Indonesia.

spot_img

Headline

Populer