25 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaMetropolisPasar Sentral Makassar Akhirnya Rata Dengan Tanah

Pasar Sentral Makassar Akhirnya Rata Dengan Tanah

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Relokasi pedagang di Pasar Sentral, Kota Makassar akhirnya dilakukan. Lods atau toko milik pedagang yang memakai badan dan bahu jalan rata dengan tanah.

Pembongkaran bangunan lods yang berada tiga ruas di Jalan KH. Agus Salim, KH. Wahid Hasyim, serta Hos. Cokroaminoto berjalan sesuai dengan rencana Pemerintah Kota Makassar yang memberi waktu tiga hari kepada pedagang mengosongkan lods.

BACA: Dewan Apresiasi Pemkot Makassar Relokasi Pedagang Pasar Sentral

Bahkan, Pemerintah Kota Makassar menurunkan 250 petugas kebersihan dari enam kecamatan yang ada di Makassar. Dan menurunkan sekitar 9 mobil truk dan belasan motor tiga roda. Untuk membantu membersihkan runtuhan lods tersebut.

Plt Sekretaris Kota Makassar, Naisya Azikin, mengatakan bahwa meski ada protes pada hari pertama. Namun, dengan komunikasi yang baik dengan pihak pedagang. Sehingga, para pedaganh paham dam akhirnya membongkar sendiri lods miliknya.

BACA: Ini Kendala Pembangunan Pasar Sentral Ternak Moderen Pemkot Makassar

“Protes itu biasa. Tapi, setelah kemi berkomunikasi dengan mereka sejak hari pertama. Sehingga, mereka paham dan kemarin mereka membongkar sendiri lodsnya,” katanya, Rabu (5/9/2018).

Dia menambahkan, meski saat ini masih ada yang belum puas dengan permasalahan lainnya. Pihaknya akan memediasi pedagang dengan pihak pengembang, dan menyiapkan tempat gratis selama mediasi itu berlangsung selama enam bulan.

BACA: Lagi, Ratusan Pedagang Pasar Sentral Tolak Direlokasi

“Selama enam bulan itu kami, inventaris masalah-masalah yang ada. Lalu, kami akan mediasi itu dan mencarikan solusinya,” jelasnya, saat ditemui di Pasar Sentral.

Untuk pembersihan hari pertama dan kedua pihaknya fokus pada lods yang memakai badan jalan di Jalan Ramli dan Hos. Cokroaminoto. Hari kedua juga masih fokus di Hos. Cokroaminoto. Namun, pihaknya belum tahu sampai kapan pembersihan ini berlangsung.

BACA JUGA :  Pasca Relokasi Pasar Sentral, New Makassar Mall Mulai Ramai Dikunjungi

Namun, yang pasti pihaknya akan terus memantau kebersihan untuk terus melakukan pembersihan agar tiga jalan yang akan dikembalikan fungsinya itu bisa segera digunakan sebagaimana mestinya.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3