27 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaDaerahPemkab Gowa-UI Jalin Kerjasama Program Investasi SDM Seperempat Abad

Pemkab Gowa-UI Jalin Kerjasama Program Investasi SDM Seperempat Abad

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Indonesia (UI) bertempat di Direktorat Kerjasama UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2022).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, program peningkatan kualitas di sektor pendidikan memang menjadi salah satu fokus program pembangunan Pemerintah Kabupaten Gowa. Hal ini perlu sebab pendidikan menjadi ujung tombak utama dalam membentuk sumber daya manusia yang cerdas, dan berdaya saing nantinya.

Salah satu program pendidikan yang difokuskan adalah melanjutkan program yang dicanangkan terlebih dahulu oleh Mantan Bupati Gowa, Almarhum Ichsan Yasin Limpo yakni Investasi Sumber Daya Manusia Seperempat Abad.

BACA JUGA :  Dinas PUPR Lakukan Pengerukan Sedimen Drainase Antisipasi Banjir

“Maksud dari program ini tidak lain untuk mencetak SDM yang berkualitas, yang tentunya untuk melihat kabupaten Gowa 15 hingga 20 tahun kedepan semakin baik,” jelas Adnan dikonfirmasi, Jum’at (29/7).

Oleh karena itu, kata Adnan, bicara soal pendidikan bukanlah bicara satu atau dua tahun kedepan. Dimana pendidikan merupakan investasi masa depan.

“Jika kita berbicara pendidikan, maka kita berbicara investasi sumber daya manusia kedepannya. Sehingga dengan berjalannya program ini dengan baik, maka Gowa mampu menjadi kabupaten pendidikan terbaik di Sulawesi Selatan,” terang orang nomor satu di Gowa ini.

BACA JUGA :  Adnan Berikan Penghargaan kepada Sejumlah SKPD hingga Desa

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan bahwa penandatangan MoU dan kerjasama ini berkaitan dengan pemberian beasiswa dari Pemkab Gowa kepada pelajar berprestasi asal Kabupaten Gowa yang kuliah di UI.

“Tadi kita penandatanan MoU dan perjanjian kerjasama dengan UI untuk memberi beasiswa kepada masyarakat Kabupaten Gowa yang lulus dan belajar di UI. Ini bagian dari Program Pemerintah Kabupaten Gowa yaitu Program Investasi Seperempat Abad,” ujarnya saat di konfirmasi terpisah.

Taufiq Mursad menyebutkan ada satu mahasiswa dari Kabupaten Gowa kuliah di UI yang akan dibiayai oleh pemerintah daerah, yaitu Abdillah Assajad dari Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer.

BACA JUGA :  Pemkab Gowa Segera Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

Dirinya berharap beasiswa ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan menyelesaikan studi tepat waktu.

“Harapannya bahwa dengan beasiswa ini, akan memperlancar studi dan membantu studi anak-anak kita. Kita berharap yang mendapat beasiswa ini dapat selesai tepat waktu atau lebih cepat dan lebih muda dalam menyelsaikan masa studi. Karena tidak memikirkan lagi biaya kuliah,” harapnya.

Selain UI, Taufik menyebutkan juga telah melakukan penandatangan MoU dan Perjajian Kerja Sama dengan Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya IT PLN Jakarta Barat dan Pasca sarjana Universitas Jayabaya Jakarta.

“Di UI penerima beasiswa atas nama Abdillah Assajad, kemudian di IT Telkom Surabaya, Siti Yuki Lestari, IT PLN Jakarta Barat, Ananda Batara Putra dan Pasca sarjana Universitas Jayabaya Jakarta atas nama Apricilia,” tambahnya.

Salah satu penerima beasiswa, Abdillah Assajad saat dikonfirmasi mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa dari Pemkab Gowa. Menurut Warga Kecamatan Pallagga ini, tentu dengan adanya beasiswa akan sangat membantunya dan meringankan beban keluarga.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dapat ini beasiswa dari Pemkab Gowa. Dengan adanya beasiswa ini, saya sangat terbantu di sisi finansial. Saya sangat berterimakasih kepada Pemkab Gowa atas beasiswa yang diberikan,” ujar alumni MAN IC Gowa ini.

Lanjutnya, dengan adanya beasiswa dari Pemkab Gowa ini, biaya kuliah yang sebelumnya disiapkan bisa digunakan untuk pengembangan kompetensi lainnya, seperti mengikuti kursus-kursus. Dirinya juga mengaku akan memanfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya.

“Dengan adanya beasiswa ini juga memacu saya untuk lebih giat lagi dalam perkuliahan untuk membuktikan bahwa saya layak mendapatkan beasiswa ini,” tandasnya.

spot_img

Headline