25 C
Makassar
Rabu, Desember 8, 2021
BerandaRagamPenularan Virus Corona Bisa Lewat Mata

Penularan Virus Corona Bisa Lewat Mata

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Belakangan ini virus Corona menjadi topik hangat di seluruh dunia. Pasalnya, kabar penyebaran virus ini begitu cepat merambah.

Bahkan, penularan virus Corona juga menjadi topik ditengah masyarakat. Bahkan, ada dugaan virus ini bisa menyebar lewat mata.

Pakar kesehatan dr. Wang Guangfa dari Peking University First Hospital, Beijing menyebut dirinya bersama dengan tim sempat mengunjungi Wuhan, kota tempat virus ini merebak pada awal Januari. Hasilnya adalah, ada kemungkinan para korban yang terinfeksi disebabkan oleh mereka yang tidak menggunakan kacamata pelindung.

Bisa jadi, virus ini menyebar dari bersin-bersin, batuk, atau bahkan sentuhan antar kulit. Virus ini bisa menyebar dengan cara dihirup atau menempel pada mata dan akhirnya memasuki tubuh.

“Tetesan bersin bisa masuk ke dalam hidung atau mulut jika kita tidak memakai masker. Terkadang, paparannya bisa menempel ke mata. Padahal, mata dan hidung terkait melalui saluran lakrimal. Hal ini diduga bisa memicu penularan virus corona,” ucap salah satu dokter dari Imperial College London, Paul Kellam seperti dilansir dari laman DokterSehat.

Meskipun begitu, Kellam juga menyebut virus penyebab flu biasa tidak menular dengan cara ini. Hal ini berarti, teori penularan virus corona lewat mata memang masih bisa diperdebatkan meskipun memang kita tetap harus mewaspadainya.

BACA: Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Imbauan Dokter

Pakar kesehatan lainnya, dr. Micheal Head dari University of Southampton, Inggris mendukung pendapat Kellam. Dia menyarankan petugas kesehatan yang menangani pasien virus corona untuk memakai kacamata pelindung, selain dengan menggunakan masker demi mencegah penularan.

“Penularan virus corona berpotensi lewat mata, apalagi jika kita tanpa sengaja menyentuh mata dengan jari tangan yang sudah terpapar virus,” ucapnya.

BACA JUGA :  Indonesia di Urutan ke-92 Negara Paling Bahagia di Dunia, Ini yang Nomor 1

Laporan terbaru menyebut sudah ada 56 orang tewas akibat virus ini. Ribuan orang juga dilaporkan sudah terpapar virus ini di beberapa negara.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.352,9
EUR
16.178,2
JPY
126,4
KRW
12,2
MYR
3.391,5
SGD
10.510,6