26 C
Makassar
Sunday, June 23, 2024
HomeHealthPenyebab Kantuk Berat saat Berpuasa

Penyebab Kantuk Berat saat Berpuasa

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Bukan hanya menahan rasa lapar dan haus, saat berpuasa biasanya kamu akan dihadapkan dengan tantangan lainnya, seperti rasa kantuk yang tidak tertahankan. Biasanya, setelah menjalankan sahur tubuh akan terasa segar, tetapi memasuki siang hari biasanya tubuh akan menjadi lemas dan mengalami kantuk berat.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan kamu merasa mengantuk berat saat berpuasa, seperti misalnya:

Perubahan Pola Tidur

Saat bulan puasa, kamu diwajibkan untuk menjalankan sahur saat dini hari. Hal ini menyebabkan perubahan pola tidur yang kamu jalani selama bulan Ramadan. Belum lagi jika kamu harus menyiapkan makanan untuk sahur yang membuat kamu harus bangun lebih awal.

Selain itu, banyak orang yang langsung melanjutkan aktivitas setelah sahur sehingga jam tidur menjadi berkurang. Maka tidak heran jika memasuki waktu siang hari kamu akan merasa mengantuk dan merasa lelah lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menghindari tidur terlalu malam atau begadang.

Perubahan Metabolisme Tubuh

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh juga akan mengalami perubahan metabolisme. Jika biasanya kamu mengonsumsi makan sebanyak tiga kali sehari, kini kamu hanya mengonsumsi makan dua kali sehari. Hal ini bisa memengaruhi suhu inti tubuh dan pola tidur.

Saat berpuasa, suhu inti tubuh akan menurun yang disertai dengan penurunan hormon kortisol di siang hari. Hormon kortisol merupakan hormon yang membantu kamu terjaga pada siang hari. Sehingga ketika ada penurunan hormon ini, kamu akan merasa mengantuk dan lelah.

Kadar Glukosa Tubuh Menurun

Alasan lainnya yang menyebabkan kantuk berat saat puasa adalah menurunnya kadar glukosa tubuh. Saat berpuasa, energi yang dihasilkan oleh makanan dapat menipis. Bila tubuh tidak mempunyai cadangan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari, akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan kadar gula dalam darah menurun. Kondisi ini yang menyebabkan kamu merasa mengantuk berat saat puasa.

Stres

Kondisi stres yang tidak dapat diatasi dengan baik juga dapat menyebabkan kantuk berat selama menjalankan ibadah puasa.

Kelelahan

Rasa kantuk berat saat puasa juga bisa disebabkan karena kelelahan. Sebaiknya atur kegiatan yang akan dilakukan selama puasa. Hindari terlalu banyak berkegiatan di luar ruangan karena paparan sinar matahari secara langsung dapat memicu kelelahan yang membuat kamu mudah mengantuk. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka sehingga kamu terhindar dari kondisi dehidrasi yang bisa memicu kelelahan.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img