24 C
Makassar
Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaDaerahPeternak Sapi, Bupati Sinjai Canangkan IB Plus dan AUTS

Peternak Sapi, Bupati Sinjai Canangkan IB Plus dan AUTS

- Advertisement -

SINJAI, SULSELEKSPRES.COM – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, mencanangkan Inseminasi Buatan (IB) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Kelurahan Tassililu Kecamatan Sinjai Barat, Kamis (27/12/2018).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Aminuddin Zainuddin dalam laporannya menyampaikan bahwa target IB sebesar 10.000 ekor
induk, semoga target ini dapat tercapai di tahun 2019.

“Sebagai bahan perbandingan, tahun 2016 sebanyak 1.863 ekor 2017 sebanyak 4.446 ekor 2018 sebanyak 4.630 ekor dan Sinjai merupakan top skor di Sulsel sebagai peserta AUTS terbanyak,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Pemda dengan PT Jasindo sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani pada Oktober lalu di Makassar.

Dalam acara tersebut berlangsung pula pemasangan ear tag oleh PT.Jasindo sebagai tanda bahwa sapi tersebut telah di asuransi.

Sementara itu, Dirjen Peternakan dan Kesehatan yang diwakili oleh Direktur Pemasaran dan Pengolahan Hasil Peternakan, Fini Murviani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita menyadari bahwa usaha sapi ptotong masih diusahakan sebagai usaha sambilan, program di kementerian untuk percepatan peningkatan populasi sapi yaitu usaha khusus wajib bunting bagi sapi betina.

Pihaknya amat merespon dengan baik, keinginan Pemda untuk mensejahterahkan petani sapi melalui program ini, Ka mengharapkan pula, Sinjai menjadi salah satu daerah dengan andil yang cukup besar dalam mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan  produksi ternak sapi.

Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu pondasi penting untuk mewujudkan swasembada daging sapi tahun 2022, saat ini sudah di gencarkan oleh pemerintah melalui program UPSUS SIWAB (upaya khusus sapi indukan wajib bunting) upaya UPSUS SIWAB yang di laksanakan melalui strategi optimalisasi pelaksanaan inseminasi buatan (IB), merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mencapai swasembada pangan serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak.

BACA JUGA :  Jagokan Inovasi MLM IVA SADANIS, Sinjai tembus TOP 15 di KIPP 2018

“Pemerintah Kabupaten Sinjai berdiri di garda terdepan, dalam mendukung segala program pemerintah pusat khususnya yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian bangsa dan negara
IB plus di Kabupaten Sinjai yang dicanangkan pada hari ini merupakan bukti keseriusan Pemkab Sinjai dalam mendorong kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah pusat. Mencapai Indonesia sebagai lumbung pangan Asia tahun 2045.IB plus merupakan kreasi Pemkab Sinjai untuk mengintegrasikan dua program kementrian pertanian yaitu program IB dan program asuransi usaha ternak sapi (AUTS)”,jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Sinjai menanggung pembayaran premi asuransi sebesar 40.000 bagi ternak yang di IB yang selama ini dibayarkan secara mandiri oleh peternak.

Hal ini semkin mendukung harapan kita semua dalam bidang peternakan yaitu mewujudkan Kabupaten Sinjai sebagai jangkar sekaligus barometer utama pembangunan peternakan di Indonesia khususnya Indonesia bagian timur.

(Rahmi Djafar)

spot_img

Headline