24 C
Makassar
Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Edukasi PGSD Unimerz Gelar Lomba Inovasi Secara Daring

PGSD Unimerz Gelar Lomba Inovasi Secara Daring

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky Makassar terus berkreasi di masa pandemi.

Kali ini, Prodi PGSD FKIP Unimerz kembali menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran SD antara sekolah PPL Mahasiswa PGSD Universitas Megarezky yang dilakukan secara virtual pada tanggal (16/1/2021) lalu.

Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut Lomba Kreativitas Anak (LKA) yang juga melibatkan mahasiswa PPL dan siswa tempat PPL diselenggarakan di kampus Megarezky. Tetapi karena kondisi sekarang masih dalam masa pandemi, maka kegiatan kali ini dilakukan secara daring.

Lomba ini mengangkat tema “Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Pendidik dalam Mewujudkan Merdeka Belajar, dan melibatkan empat sekolah, yang juga sebagai sekolah mitra tempat PPL, yaitu SD Inpres Bangkala III, SD Inpres Borong Jambu II, SD Negeri Kassi, dan SD Negeri Pannara.

Menurut keterangan ketua Prodi OGSD Unimerz, Eka Fitriana HS, S.Pd, M.Pd, tujuan diadakan kegiatan ini tidak lain untuk mewujudkan program pemerintah, yaitu merdeka belajar.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi antara kampus dengan sekolah mitra lokasi PPL Mahasiswa PGSD dan merupakan bentuk MoA antara sekolah mitra.

“Lomba ini bagian dari.dukungan kami mewujudkan program merdeka belajar dari pemerintah. Selain itu, kita harapkan lomba ini juga bisa menjadi wadah silaturahmi antara kampus dan sekolah yang menjadi mitra kita,” ujar Eka.

Diakhir sambutannya ketua prodi turut mengucapkan permohonan maaf, jika selama pelaksanaan sekiranya terdapat banyak kekurangan.

Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unimerz, Dr. Abdul Malik Iskandar, S.Ag, M.Si, mengatakan bahwa lomba inovasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh PGSD harus direspon baik oleh pihak fakultas.

“Tentunya di masa pandemi seperti ini, inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan demi terlaksananya proses pembelajaran, walaupun melalui WFH,” Abdul Malik Iskandar.

“Inovasi dalam pembelajaran sangat penting, karena suka atau tidak, kita tetap diharuskan melakukan perubahan. Apalagi pada saat sekarang ini, kita dituntut harus bisa berinovasi melalui teknologi. Selaku dekan sangat mendukung kegiatan ini,” terangnya.

Dalam kegiatan lomba secara virtual ini ikutserta ketua prodi lingkup FKIP, Dosen PGSD, Kepala Sekolah beserta guru mitra tempat PPL beserta mahasiswa PPL PGSD Universitas Megarezky. Meskipun kegiatan ini dilakukan secara virtual namun tidak mengurangi nilai dan tujuan diadakanannya lomba ini.

Lomba ini sendiri mengusung empat kategori, yaitu lomba mengajar kreatif, lomba media pembelajaran online, lomba media pembelajaran kontekstual dan juara favorit video terbanyak like dan subscribe di channel youtube.

Penentuan juara sendiri dilakukan berdasarkan penilaian para juri, sesuai dengan indikator penilaian setiap lomba yang telah ditetapkan.

Adapun juara untuk masing-masing lomba, yaitu :

Lomba Mengajar Kreatif
Juara I : SD Negeri Kassi
Juara II : SD Negeri Pannara
Juara III : SD Inpres Borong Jambu II

Lomba Media Pembelajaran Online
Juara I : SD Negeri Pannara
Juara II : SD Negeri Kassi
Juara III : SD Inpres Bangkala III.

Lomba Media Pembelajaran Kontekstual juara I : SD Negeri Kassi
Juara II : SD Inpres Borong Jambu II
Juara III : SD Inpres Bangkala III.

Juara favorit video terbanyak like dan subscribe di channel youtube diraih oleh SD Negeri Pannara.

Suksesnya kegiatan lomba ini tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Headline