26 C
Makassar
Selasa, Maret 5, 2024
BerandaDaerahPj. Sekda Bone Ingatkan ASN Kemenag Jaga Netralitas dan Ciptakan Kondusivitas

Pj. Sekda Bone Ingatkan ASN Kemenag Jaga Netralitas dan Ciptakan Kondusivitas

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Mewakili Pj. Bupati Bone, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bone, Andi Muhammad Guntur, bertindak selaku Pembina apel memimpin Apel dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI Ke-78 yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Kota Watampone, Rabu (3/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Sekda Bone menyerahkan piagam penghargaan kepada Guru dan Kepala Madrasah berprestasi jajaran lingkup Kementerian Agama Bone.

Pada momen tersebut, penyerahan penghargaan kepada guru berprestasi tingkat Nasional, diperoleh oleh Ismail, Guru MAN 4 Bone. Selain itu, Pj. Sekda Bone juga memberikan sertifikat penghargaan Adiwiyata kepada Kepala MAN 2 Bone, H Muslimin, atas prestasinya yang membawa MAN 2 Bone meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sulsel.

Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Piala dan Sertifikat penghargaan kepada peraih Juara Pekan Olahraga dan Seni HAB Ke-78 kepada Satker Kemenag Bone.

Dalam sambutan pidato Menteri Agama RI, yang dibacakan oleh Pj. Sekda Bone, Andi Muhammad Guntur menyampaikan bahwa Kementerian Agama lahir pada 3 Januari 1946, sehingga setiap pergantian tahun menjadi momentum penting untuk merayakan Hari Amal Bhakti. Ia mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan cita-cita Kementerian Agama.

Mantan Camat Kajuara ini juga menekankan pentingnya tugas Kementerian Agama dalam menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Ia menyebutkan berbagai program dan prioritas Kementerian Agama, seperti Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, dan Tahun Kerukunan Umat Beragama yang telah memberikan hasil positif.

Dalam peringatan HAB ke-78, mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” bermakna mendorong layanan terbaik kepada seluruh umat beragama. Kepala BKPSDM Kabupaten Bone ini mengajak ASN Kementerian Agama untuk menjadikan pelayanan umat sebagai “panggilan hati” dan bersama menciptakan birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak positif.

BACA JUGA :  Pemkab Bone Bersama TNI Polri Tanam 1000 Pohon

Menyikapi tahun 2024 yang dihadapkan pada Pemilihan Umum, Pj. Sekda mengingatkan ASN Kementerian Agama untuk menjaga netralitas sesuai ketentuan perundangan. Ia mengajak agar pemilihan umum dijalani dengan suasana kondusif tanpa politik identitas yang dapat mengancam kerukunan bangsa.

Sebagai bentuk apresiasi, Kementerian Agama mengajukan kepada Presiden untuk memberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.198 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Penghargaan tersebut telah dikabulkan, dan pada Hari Amal Bakti ke-78, 1.071 orang menerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 2.810 orang untuk 20 tahun, dan 6.317 orang untuk 10 tahun.

Momen ini diakhiri dengan harapan Pj. Sekda Bone agar seluruh ASN Kementerian Agama terus meningkatkan semangat pelayanan demi mencapai Indonesia yang hebat bersama umat.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer