BerandaRagamRamai Di Sosial Media, Ini Gunanya Colok Dubur

Ramai Di Sosial Media, Ini Gunanya Colok Dubur

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Belakangan ini, media sosial ramai bahas soal sekelompok dokter yang sedang melakukan pose jari. Banyak orang yang mengartikan pose jari ini sebagai tanda pilihan politik.

Namun, dr. Teuku Adifitrian, SpBP atau yang kita kenal sebagai Tompi, penyanyi terkenal di Indonesia. Melalui akun Twitter pribadinya ikut memberikan komentar tentang pose jari sekelompok dokter tersebut. Menurut Tompi, pose ini sepertinya adalah pose teknik colok dubur.

Apa itu colok dubur?

Meskipun terdengar jorok, dalam realitanya colok dubur termasuk dalam prosedur yang dilakukan dokter, khususnya saat ingin mendeteksi kanker kolorektal atau kanker usus besar.

BACA: Cara Salah Merangsang Wanita Yang Sering Pria Lakukan

Dikutip dari laman DokterSehat.com, kanker usus besar termasuk dalam jenis kanker yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Dari 100 ribu orang, terdapat 1,8 kasus kanker ini. Bahkan, sebagian besar kasus yang ditemukan adalah yang sudah dalam status stadium lanjut.

Menurut pakar kesehatan, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker kolorektal. Hanya saja, sekitar 60 persen dari kasus kanker kolorektal cenderung bisa dideteksi dengan jari tangan. Hal ini disebabkan oleh jari kita yang sebenarnya bisa masuk ke dalam dubur hingga 7 cm.

BACA: Kisah Dibalik Tercetusnya Hari Dokter Nasional ke-68

Hanya saja, prosedur colok dubur tidak bisa dilakukan dengan sembarangan meskipun caranya hanyalah dengan memasukkan jari ke dalam dubur. Ada teknik yang harus dikuasai dan biasanya diketahui oleh dokter. Selain itu, terdapat beberapa pedoman yang harus dipatuhi seperti kewajiban memakai sarung tangan karet, memakai pelumas khusus, dan lain-lain.

Selain memakai colok dubur, biasanya dokter juga akan melakukan prosedur menekan bagian perut untuk mengetahui masalah kesehatan apa yang dialami oleh pasiennya.

Ternyata, selain kanker kolorektal, terdapat beberapa jenis penyakit yang juga bisa dideteksi dengan colok dubur. Kebanyakan penyakit ini memang terkait dengan masalah pencernaan.