27 C
Makassar
Kamis, Juli 29, 2021
BerandaNasionalReisa: Merasa Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Periksakan di Puskesmas

Reisa: Merasa Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Periksakan di Puskesmas

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Adanya varian baru Covid-19, terus dimbau agar Prokes Kesehatan tetap dijalankan, yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga jarak.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr Reisa Kartikasari Broto Asmoro mengatakan, saat ini rumah sakit penuh pasien COVID-19.

Menurut dr Reisa, bagi mereka yang merasa kontak erat dengan pasien positif, segera laporkan diri ke puskesmas terdekat. Berani dites dan apabila positif, informasikan secara terus terang tentang siapa saja yang telah kontak erat dengannya selama beberapa hari ke belakang.

Pengendalian penularan saat ini bisa ditangani dengan 3T, tes, telusur, tindak lanjut dan terapinya atau dikenal juga dengan tes, lacak, dan isolasi.

Dia kembali menegaskan, isolasi mandiri bukan tanpa sepengetahuan orang lain. Lapor ke puskesmas dan tetap konsultasi dengan dokter. Konsultasi rutin dengan dokter dapat segera membantu pasien mendapatkan pertolongan dan perawatan.

“Terlambat dirawat dapat berisiko bagi keselamatan nyawa. Puskesmas dan dokter dapat membantu memberikan informasi ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit atau memberikan rujukan ke karantina terpusat yang dibiayai pemerintah,” ujar dr Reisa, dilansir dari situs resmi Satgas Covid-19.

BACA JUGA :  Apresiasi KPK, Mendagri Minta Kepala Daerah Punya Rasa Malu Jika Korupsi
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

- Advertisment -
BACA JUGA :  Kemendagri Lakukan Evaluasi PTSP Daerah