24 C
Makassar
Kamis, Januari 20, 2022
BerandaHeadlineSaudi Larang Umrah Jamaah Indonesia, Ceramah UAS Jadi Bahan Sindiran

Saudi Larang Umrah Jamaah Indonesia, Ceramah UAS Jadi Bahan Sindiran

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) soal virus corona ‘tentara Allah’ kembali ramai diperbincangkan setelah pemerintah Arab Saudi melarang jamaah umrah Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi diketahui mengambil keputusan menghentikan layanan visa umrah ke sejumlah negara, termasuk Indonesia per Rabu (26/2) waktu setempat. Larangan sementara ini sebagai upaya antisipasi merebaknya wabah virus mematikan tersebut.

Pengguna media sosial ramai-ramai mengungkit materi ceramah UAS pasca keluarnya larangan umrah tersebut. Mereka menyindir UAS yang dianggap berlebihan.

“Jd gimana nih? Tentara allah dicegah masuk tanah suci?,” sindir salah seorang pengguna media sosial di Twitter, @miestasdennis, (28/2/2020).

Pengguna media sosial lain menyebut kalau muslim atau bukan hidup di bumi yang sama. Virus corona tidak bisa membedakan agama setiap manusia.

“Yg kemaren jingkrak2 saat RRC krna wabah corona tiba2 gigit lidah kala saudi menutup diri gara2 wabah yg sama. Kalau di RRC virus2 ini dianggap tentara Allah, maka di saudi virusnya tiba2 murtad jadi tentara dajjal. Sadarlah bhw kita manusia yg sama, hidup dgn hukum alam yg sama,” tulis netizen lain.

BACA: UAS: Godaan Malam Tahun Baru Sulit Ditepis Anak Muda

Teddy Gusnaidi, salah satu elite PKPI menyebut kalau UAS bercanda dengan menyebut Corona sebagai tentara Allah.

“Si Komedian somad becandanya keterlaluan, Virus Corona dibilang tentara Allah. Sekarang ada larangan umroh karena Virus Corona. Jadi karena Tentara Allah sehingga orang gak bisa umroh. Kalau ngak paham agama, jangan bawa-bawa agama deh kalau ngelawak,” sindirnya.

Diketahui, Indonesia menjadi satu di antara 23 negara lain yang termasuk Cina, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, hingga Malaysia. Larangan penerbitan visa umrah juga dialami beberapa negara di timur tengah bahkan kepada penyumbang tertinggi jemaah umrah: Pakistan.

BACA JUGA :  Sulsel Ditetapkan Zona Hijau Covid-19

Indonesia menjadi negara kedua tertinggi yang mengirimkan jemaah umrah tiap tahunnya (dalam kalender hijriah) setelah Pakistan. Dalam empat tahun terakhir, rata-rata jemaah umrah Indonesia mencapai 876.723 orang.

BACA: Virus Corona, Penerbangan ke Arab Saudi Dihentikan Sementara Per Hari Ini

Sebelumnya, UAS membicarakan masalah wabah virus corona yang masih menjadi momok dunia. Dia mengaitkan wabah corona dengan penindasan muslim Uighur di Tiongkok.

“Allah memang sayang pada umat ini. Umat kehilangan kekuasaan, umat kehilangan khalifah, umat kehilangan kesultanan, yang bisa hanya membaca Alquran dan berzikir. Tapi Allah masih iba dan Allah tolong hambanya dengan banyak tentara,” terang UAS.

“Ada pula yang terakhir ini tentara Allah bernama corona. Orang yang berada di Uighur, tidak terkena virus ini. Banyak orang terheran-heran, apa sebab. Salah satunya karena mereka selalu berwudhu, salah satunya membasuh tangan.” kata UAS dalam ceramahnya.

(*)

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6