BerandaRagamSelain Bayi Tabung, Berikut Beberapa Macam Program Hamil

Selain Bayi Tabung, Berikut Beberapa Macam Program Hamil

- Advertisement -

SULSELESKPRES.COM – Ada banyak penyebab wanita sulit hamil seperti ovulasi yang tidak berhasil, masalah sistem reproduksi, jumlah dan kualitas sperma yang kurang baik, masalah medis lainnya, dan ada beberapa hal yang membuat perempuan susah hamil.

Sekarang sudah dikembangkan beberapa program hamil yang bisa Anda lakukan agar cepat punya anak seperti cara program hamil seperti terapi kesuburan, bayi tabung, inseminasi buatan, dll.

BACA: Stres Berat saat Hamil, Anak Beresiko Alami Gangguan Kepribadian

Berikut beberapa macam program ibu hamil ;

1. Terapi Kesuburan

Jika penyebab susah hamil karena masalah kesuburan, maka Anda bisa melakukan terapi kesuburan. Terapi kesuburan banyak dilakukan oleh wanita untuk membuat ovulasi jadi subur dan lancar. Peluang berhasil cepat hamil dengan terapi kesuburan cukup besar.

Ada dua jenis terapi kesuburan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Obat-Obatan

Terapi kesuburan dengan obat-obatan dianjurkan untuk wanita yang mengalami masalah pada proses ovulasi, obat-obatan ini juga mungkin diberikan ke pihak laki-laki tergantung kondisi kesuburannya. Beberapa obat-obatan untuk terapi kesuburan yaitu:

Klomifen: Membantu dalam pelepasan sel telur atau ovulasi pada wanita yang ovulasinya terganggu atau tidak berovulasi sama sekali.Tamoxifen: Obat alternatif selain Klomifen untuk membantu proses ovulasi agar lancar.Metformin: Untuk wanita yang mengalami penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS).Gonadotropins: Membantu stimulasi ovulasi pada wanita dan menambah kesuburan pada laki-laki.Hormon pelepas gonadotropin dan agonis dopamine: Pengobatan lain yang dianjurkan untuk menyuburkan ovulasi.

BACA: Gubernur Ajak PDIBI Kawal Kualitas Pelayanan untuk Ibu Hamil

Obat-obat tersebut dianjurkan untuk menyuburkan dan memperlancar proses ovulasi, namun dapat mengakibatkan beberapa efek samping seperti muntah, mual, dan sakit kepala.

Konsultasikanlah ke dokter kandungan obat mana yang paling cocok untuk  Anda jika memilih program kehamilan dengan terapi kesuburan

2. Operasi

Terapi kehamilan lainnya adalah dengan operasi yang umumnya untuk mengatasi masalah di saluran tuba falopi. Ada beberapa tipe operasi terapi kesuburan, yaitu:

Operasi Tuba Falopi

Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan antara ovarium dan rahim. Operasi tuba falopi dilakukan untuk memperbaiki saluran tuba jika terhambat atau rusak. Jika tuba falopi tersumbat, maka telur kesulitan untuk melewatinya dan Anda jadi sulit hamil.

Operasi tuba falopi akan membuka jalan bagi telur lebih lancar sehingga proses ovulasi bisa berhasil. Operasi tuba falopi dapat mengakibatkan komplikasi seperti telur yang dibuahi berkembang di luar rahim.

Laparoskopi

Penyebab wanita sulit hamil lainnya adalah Endometriosis, fibroid, dan PCOS. Operasi laparoskopi dilakukan untuk wanita dengan endometriosis yaitu ketika jaringan yang membentuk lapisan dinding  rahim tumbuh hingga keluar rahim.

Penyumbatan Epididimis dan Pembedahan untuk Mengambil Sperma

Epididimis adalah gulungan di testis yang berfungsi untuk menyimpan dan mengangkut sperma. Epididimis dapat terjadi penyumbatan yang berakibat pada sperma tidak keluar secara normal pada saat mengalami ejakulasi .

3. Program Bayi Tabung

Bayi tabung atau in Vitro Fertilization (IVF) adalah program kehamilan dimana proses pembuahan sel telur oleh sperma dilakukan di luar rahim wanita. Program bayi tabung adalah telur dari indung telur wanita diambil untuk dibuahi oleh sperma dengan teknologi di laboratorium.

Telur yang sudah dibuahi disebut embrio. Embrio yang sudah dibuahi dapat dibekukan lalu dipindahkan ke uterus atau rahim wanita. Selanjutnya wanita tersebut hamil seperti biasa namun harus di bawah perawatan eksklusif.

Program bayi tabung menjadi salah satu solusi untuk wanita yang sulit hamil. Namun, ada beberapa kemungkinan risiko dari program bayi tabung seperti cacat lahir, prematur, dan keguguran. Biaya bayi tabung di Indonesia mulai dari 20 sampai 80 juta rupiah.

4. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan adalah program hamil dimana sperma dimasukkan secara langsung ke uterus. Sperma yang dimasukan bisa berupa sperma yang sudah disiapkan berkualitas agar wanita cepat hamil. Terdapat dua metode inseminasi buatan, yaitu:

Intracervical Insemination (ICI)

Intracervical Insemination (ICI) adalah metode inseminasi buatan dimana sperma dimasukkan ke saluran menuju uterus. Intracervical Insemination (ICI) ini dapat dilakukan dengan sperma pasangan atau melalui donor sperma.

Intrauterine Insemination (IUI)

Intrauterine Insemination (IUI) adalah metode inseminasi buatan dimana sperma dimasukan secara langsung ke uterus wanita. Sperma yang digunakan adalah sperma yang sudah disiapkan. Dokter akan menggunakan alat khusus disebut spekulum untuk mencapai rahim dengan mudah.

5. Surrogate Mother

Surrogate mother atau ibu pengganti adalah cara program hamil terbaru yang dikembangkan di luar negri. Surrogate mother memiliki cara kerja yang sama dengan in Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung, namun embrio dititipkan ke wanita lain bukan sang Ibu tersebut.

Sel telur atau embrio ibu yang sudah dibuahi oleh sperma ayah dibekukan dan “dititipkan” pada rahim wanita lain. Jadi, DNA janin nanti akan tetap menuruni sang ayah dan ibu namun melalui bantuan rahim wanita lain.

Surrogate mother populer setelah banyak selebriti Hollywood melakukannya dan hasilnya sukses. Contohnya adalah pasangan Kim Kardashian dan Kanye West. Surrogate Mother menuai banyak kontroversi karena dianggap tidak sesuai dengan norma dan agama.

Surrogate mother harus dilakukan dengan persetujuan dan perjanjian yang jelas. Program hamil Surrogate Mother paling banyak dilakukan oleh pasangan di Inggris, Amerika, Australia, dan India. Surrogate mother dilarang di Indonesia.