32 C
Makassar
Tuesday, May 21, 2024
HomeHealthSering Nyeri Dada bagian Tengah, Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Nyeri Dada bagian Tengah, Mungkin Ini Penyebabnya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Nyeri dada bagian tengah adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, hal ini bisa menjadi tanda ada gangguan kesehatan yang serius. Jika tidak ditangani dengan tepat, beberapa kasus nyeri dada bagian tengah bisa menyebabkan komplikasi yang fatal. Nyeri pada area dada bisa dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pada jantung, paru-paru, hingga saluran pencernaan.

Kamu mungkin merasa panik saat mengalami gejala nyeri dada bagian tengah. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi bisa dihindari dan kemungkinan mengatasi nyeri dada bagian tengah menjadi lebih besar. Lantas, apa saja sebenarnya hal-hal yang bisa menjadi penyebab nyeri dada bagian tengah? Cari tahu di sini!

Penyebab Nyeri Dada Bagian Tengah yang Perlu Diketahui

Nyeri dada bagian tengah tidak boleh disepelekan. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, antara lain:

Serangan Jantung

Nyeri dada bagian tengah bisa menjadi tanda serangan jantung, yaitu kondisi yang terjadi karena ada penyumbatan pada arteri, yaitu bagian yang berfungsi memasok darah ke otot jantung. Penyumbatan bisa terjadi pada satu atau beberapa arteri. Selain nyeri dada bagian tengah, serangan jantung juga disertai dengan sensasi menusuk atau tertekan dan sesak pada dada.

Angina

Angina juga bisa menyebabkan nyeri dada bagian tengah. Kondisi ini muncul akibat berkurangnya suplai darah yang mengalir ke jantung. Selain nyeri dada, angina juga memicu sensasi tertekan di dada serta nyeri pada tubuh bagian atas. Angina bisa muncul kapan saja dan harus diwaspadai, sebab bisa memicu serangan jantung.

Radang Jantung

Jantung manusia bisa mengalami peradangan, baik pada bagian otot atau kantung yang mengelilingi jantung. Kedua kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, serta bisa memicu nyeri dada bagian tengah.

Baca juga: Ketahui 10 Penyebab Seseorang Mengalami Nyeri Dada

Emboli Paru

Emboli paru adalah pembekuan darah di vena yang berjalan hingga pembuluh darah paru-paru. Kondisi ini bisa menyebabkan pengidapnya mendadak kesulitan bernapas yang disertai dengan nyeri dada. Pada kondisi ini, nyeri dada yang muncul terasa seperti serangan jantung.

Jangan remehkan gejalanya dan segera hubungi dokter untuk tahu langkah pencegahan yang tepat. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi Halodoc kapan dan di mana saja. Yuk, coba sekarang!

Pneumonia

Nyeri dada pada pengidap pneumonia biasanya akan terasa tajam dan menusuk. Nyeri akan terasa memburuk saat menarik napas. Selain nyeri dada, kondisi ini juga disertai dengan gejala batuk parah, demam, dan panas dingin. Nyeri dada bagian tengah juga bisa menjadi tanda penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung alias Gastroesophageal reflux (GERD) juga bisa menjadi pemicu nyeri dada. Hal ini terjadi karena ada pergerakan asam lambung kembali ke kerongkongan. Nyeri dada pada penyakit ini biasanya disertai dengan sensasi terbakar di dada dan rasa mulas.

Serangan Panik

Selain gangguan kesehatan, nyeri dada bagian tengah bisa muncul berbarengan dengan serangan panik. Namun, kondisi ini biasanya hanya berlangsung sebentar dan akan segera menghilang. Kendati begitu, nyeri dada yang muncul sering terasa seperti gejala serangan jantung. Selain nyeri dada bagian tengah, serangan panik juga menyebabkan sesak napas, pusing, serta detak jantung tak beraturan.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img