24 C
Makassar
Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaParlemanSyaharuddin Alrif: Pengelolaan Hutan Desa Untuk Mensejahterakan Masyarakat

Syaharuddin Alrif: Pengelolaan Hutan Desa Untuk Mensejahterakan Masyarakat

- Advertisement -

ENREKANG, SULSELEKSPRES.COM – Pascalebaran Iduladha, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Syaharuddin Alrif kunjungi Desa Mangkuani, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Kamis (23/8/2018). Kunjungan tersebut dalam rangka sosialisasi pengelolaan hutan desa.

Dalam sambutannya, Syaharuddin menyampaikan bahwa Hutan Desa pada prinsipnya adalah Hutan Negara yang dikelola oleh masyarakat dalam organisasi administratif pedesaan yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: 
Selasa Depan, Pansus Tanah Hibah Al Markas Temui JK
Harga Tidak Stabil, Pengaruhi Pengembangan Komoditi Lada di Sulsel

“Hutan Desa itu bermaksud untuk memberikan akses kepada masyarakat setempat melalui lembaga desa dalam memanfaatkan sumberdaya hutan secara lestari dengan harapan sebagai tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat secara berkelanjutan,” ungkap Syahar sapaan akrab politisi Nasdem Sulsel tersebut.

Sementara itu, Kabid wilayah II Balai Besar KSDA Provinsi Sulsel, Ahmad Yani mengungkapkan bahwa pada dasarnya, penyelenggaraan hutan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat secara berkelanjutan dan menjamin kelestarian lingkungan.

“Pelaku utama hutan desa adalah Lembaga Desa yang dalam hal ini lembaga kemasyarakatan yang ditetapkan dengan Peraturan Desa (Perdes) secara fungsional berada dalam organisasi desa dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa dan diarahkan menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),”jelasnya.

BACA JUGA :  Usai Fit and Proper Test DPP PDIP, Cicu Harap Koalisi Nasional Berlanjut di Makassar
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline