31 C
Makassar
Monday, May 27, 2024
HomePolitikTaqyuddin Djabbar Komitmen Beri Perhatian Khusus Terkait Penguatan UMKM di Parepare

Taqyuddin Djabbar Komitmen Beri Perhatian Khusus Terkait Penguatan UMKM di Parepare

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Taqyuddin Djabbar (TQ), menjadi satu-satunya Bakal Calon Wali Kota Parepare 2024-2029, yang konsisten terhadap penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

TQ terus menebar edukasi pengembangan dan penguatan UMKM berdasarkan pengalaman puluhan tahun yang dimilikinya. TQ menegaskan, pelaku UMKM di Parepare, perlu mendapat perhatian khusus.

Alumni SMPN 1 Parepare ini mengatakan, secara jumlah penduduk, 13% masyarakat Parepare mengantungkan hidup dari sektor UMKM. Angka itu, kata dia, setara 53% jumlah Kepala Keluarga (KK), dengan asumsi dalam satu keluarga terdapat 3-4 orang pelaku UMKM.

Besarnya jumlah masyarakat Parepare yang bergerak di sektor UMKM, kata Ketua IKA Unhas Parepare ini, harus menjadi pertimbangan penting, agar mereka (pelaku UMKM) mendapat perhatian yang serius.

“Jika ingin meningkatkan ekonomi masyarakat di Parepare, takbada cara lain, kecuali dengan memperbaiki UMKM. Penguatan UMKM menjadi salah satu prioritas yang menjadi perhatian serius saya,” ungkap Dewan Pembina Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

Mantan Ketua PMI Parepare dua priode ini mengemukakan, salah satu upaya memperkuat UMKM di Parepare, yakni perbaikan invetasi yang. Pasalnya, katanya, saat ini investasi menjadi suatu hal yang dibutuhkan sebagai kunci pertumbuhan ekonomi.

“Pemerintah harus rajin menarik investor masuk ke Parepare. Karena usaha mikro dan kecil, sangat bergantung pada jumlah uang yang beredar. Semakin banyak uang yang beredar, maka daya beli masyarakat akan lebih baik. Dan itu berdampak pada peningkatan UMKM,” jelas Ketua Perkumpulan Penggemar Bongsai Indonesia (PPBI) Parepare ini.

TQ berkomitmen, akan mendorong pertumbuhan UMKM di Parepare, agar menjadi tuan di rumah sendiri, sehingga semangat UMKM di Parepare kembali bergelora sebagai roh ekonomi khususnya di Parepare.

Pelaku UMKM di Parepare tambah Ketua Dewan Pakar ICMI Parepare ini, tidak boleh hanya menjadi penonton, tapi harus turut menjadi pemeran dalam pembangunan, sehingga perekonomian berkembang.

“Ekonomi berkembang, masyarakat sejahtera. Dan Parepare bisa menjadi roh perekonomian di utara Sulsel,” ujarnya.

Sementara, Jamal, salah satu warga yang sempat mengikuti Temu UMK yang mendudukkan TQ sebagai pembicara menyebutkan, sebagai calon kuat wali kota Parepare 2024-2029, TQ telah menunjukkan keseriusannya terhadap penguatan UMKM di Parepare.

“Edukasi yang diberikan pak TQ, membuka ruang fikir kami sebagai pelaku UMKM. Yang memotivasi kami agar lebih kuat dan berkembang, utamanya dari usaha mikro ke usaha kecil,” tandasnya.

spot_img

Headline

Populer

spot_img