32 C
Makassar
Senin, Desember 5, 2022
BerandaHealthTerlalu Posesif dalam Hubungan, Tanda Awal Toxic Relationship

Terlalu Posesif dalam Hubungan, Tanda Awal Toxic Relationship

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mungkin kamu pernah mendengar pernyataan seseorang yang ingin diposesifkan oleh pasangannya. Padahal mungkin maksud orang tersebut adalah diberi perhatian ekstra. Nah, penting untuk bisa membedakan mana bentuk perhatian dan mana posesif.

Perhatian seharusnya tidak mengekang, sementara posesif dalam hubungan sudah pasti mengekang dan mengontrol pasangannya. Posesif dalam hubungan bukanlah wujud perhatian melainkan tanda awal toxic relationship. Yuk, cari tahu lebih jelasnya lagi dengan membaca tulisan ini!

Posesif Bukan Tanda Cinta

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu harus membedakan antara posesif dan kasih sayang. Sikap posesif lebih dari reaksi cemburu atau kesal ketika seseorang menjadi sedikit terlalu genit dengan orang lain.

Posesif dalam hubungan ditandai dengan kecemburuan berlebihan, pelecehan, paranoia, atau menguntit pasangannya. Penting untuk mengenali tanda-tanda posesif dalam suatu hubungan dan tahu kapan itu berubah menjadi buruk sebelum akhirnya menjadi toxic relationship.

Kepercayaan adalah aspek penting dari hubungan yang sehat. Untuk dapat saling percaya, kamu dan pasangan harus terikat dengan keyakinan dan rasa aman pada hubungannya. Sikap posesif sering kali berasal dari rasa tidak aman dan kecemasan.

Orang dengan kecemasan keterikatan cenderung memiliki pandangan negatif tentang diri mereka sendiri dan pandangan positif tentang orang lain. Mereka khawatir pasangannya tidak bisa dipercaya. Mereka pun memiliki ketakutan kronis akan penolakan.

Menjadi sedikit cemburu terkadang bukan hal yang aneh dalam suatu hubungan tetapi kecemburuan yang ekstrem menandakan pemahaman yang mendalam tentang rasa tidak aman. Dalam jangka panjang, itu bisa membuat kamu merasa terjebak dan dalam beberapa situasi yang bukan tak mungkin meningkat menjadi kekerasan. Itulah sebabnya, posesif bukan perwujudan cinta melainkan salah satu tanda toxic relationship.

Cara Menghadapi Pasangan yang Posesif

Jika kamu menemukan tanda-tanda posesif pada pasangan, kamu harus menyadari dulu kalau itu bukan tentang dirimu. Sikap posesif pasangan adalah tentang dirinya sendiri yang merasa tidak aman, kecemasan akan keterikatan, atau kemungkinan gangguan kepribadian.

Kamu dapat meyakinkan pasangan tentang perasaan dan komitmen kalian dalam berhubungan.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer