26.4 C
Makassar
Senin, Oktober 18, 2021
BerandaRagamTernyata Hal Ini Penyebab Katarak

Ternyata Hal Ini Penyebab Katarak

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Katarak menyebabkan lebih banyak masalah penglihatan secara global daripada kondisi atau penyakit mata lainnya, dan jumlah katarak meningkat dengan populasi yang menua. Di Indonesia, hasil survei kebutaan yang dilakukan oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan di 15 provinsi, 81 persen kasus kebutaan terjadi akibat katarak.

Sebelum menjelaskan mengenai penyebab katarak, hal penting yang harus diketahui adalah fungsi lensa pada mata. Lensa di dalam mata berfungsi seperti lensa kamera, ia memfokuskan cahaya ke retina untuk menciptakan penglihatan yang jelas.

Lensa juga berguna untuk menyesuaikan fokus mata, sehingga membuat Anda bisa melihat segala sesuatu dengan jelas baik dari dekat maupun dari jauh.

Perlu Anda ketahui, lensa sendiri sebagian besar terbuat dari air dan protein. Protein diatur dengan cara yang tepat untuk menjaga lensa tetap jernih dan membiarkan cahaya melewatinya.

BACA: RSUD Andi Makkasau Parepare Beri Pelayanan Operasi Katarak Gratis

Akan tetapi seiring bertambahnya usia, beberapa protein dapat menggumpal dan mulai mengaburkan area kecil lensa, sebuah kondisi yang disebut sebagai katarak. Seiring waktu, gumpalan dapat tumbuh lebih besar dan lebih banyak menutupi lensa.

Hingga kini tidak ada yang tahu pasti mengapa lensa mata berubah seiring bertambahnya usia kemudian membentuk katarak. Namun, beberapa pakar telah mengidentifikasi faktor-faktor yang bisa menyebabkan katarak, antara lain:

Radiasi ultraviolet.
Diabetes.
Hipertensi.
Kegemukan.
Merokok.
Penggunaan obat kortikosteroid dalam waktu lama.
Obat statin digunakan untuk mengurangi kolesterol.
Cedera atau peradangan mata sebelumnya.
Operasi mata sebelumnya.
Terapi penggantian hormon.
Konsumsi alkohol yang signifikan.
Miopia tinggi.
Riwayat keluarga dengan katarak.

Salah satu teori pembentukan katarak mengungkapkan bahwa, banyak katarak disebabkan oleh perubahan oksidatif pada lensa mata. Hal ini didukung oleh studi nutrisi yang menunjukkan buah dan sayuran mengandung antioksidan tinggi dapat membantu mencegah katarak jenis tertentu.

BACA JUGA :  Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7