32 C
Makassar
Senin, Maret 4, 2024
BerandaHealthTips Aman Puasa Meski Sedang Flu

Tips Aman Puasa Meski Sedang Flu

- Advertisement -
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengalami flu di tengah ibadah puasa bulan Ramadan antara lain:

1. Memerhatikan Asupan Nutrisi
Asupan makanan merupakan salah satu faktor penting yang mesti diperhatikan saat flu menyerang. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mudah ditelan saat berbuka atau sahur. Contohnya, menu yang bisa kamu coba seperti sup ayam. Makanan seperti ini bisa mengurangi iritasi bertambah parah.

Selain tekstur makanan, perhatikan pula kandungan gizinya. Pilihlah makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, makanan apa yang banyak mengandung antioksidan? Banyak sekali pilihannya. Mulai dari apel jeruk, mangga, jambu, sirsak, tomat, buah beri, kacang merah, bayam, brokoli, dan sayur-sayuran hijau lainnya.

2. Kenakan Masker dan Kurangi Bicara

Flu bisa menimbulkan beragam keluhan pada tubuh, salah satunya sakit yang terasa kering atau sakit. Nah, ketika berbicara udara dan berbagai partikel asing seperti debu bisa masuk ke tenggorokan lewat mulut. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi bicara selama radang atau sakit tenggorokan.

Tak hanya itu saja, jangan lupa untuk mengenakan masker. Penggunaan masker bisa melindungi tubuh dari debu, kotoran, bakteri, atau partikel lainnya yang bisa masuk ke tubuh dan mengiritasi tenggorokan. Selain itu, masker juga bisa mencegah penularan flu pada orang lain.

3. Istirahat yang Cukup

Virus penyebab flu dan virus lainnya punya satu kesamaan. Virus bersifat self limiting disease, alias bisa mati dengan sendirinya. Ketika sistem imun tubuh meningkat, maka virus dalam tubuh pun lama-kelamaan akan mati. Salah satu cara terampuh untuk mengatasi flu atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah istirahat.

Tidur malam yang berkualitas merupakan cara tersimpel untuk memperkuat sistem imun. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7 hingga 9 jam tiap harinya.

Ingat, tanpa tanpa tidur yang cukup tubuh tidak bisa memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak. Padahal, sitokin merupakan sejenis protein untuk melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif menciptakan respons imun. Nah, sitokin ini diproduksi dan dilepaskan selama seseorang tidur.

Istirahat yang cukup juga bisa memupuk produksi Sel T di dalam tubuh. Sel T merupakan kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T akan menyerang dan menghancurkan sel pembawa virus. Di samping itu, tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer