25 C
Makassar
Friday, June 14, 2024
HomeHealthTips Bersepeda untuk Mengecilkan Perut

Tips Bersepeda untuk Mengecilkan Perut

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mengecilkan perut dengan bersepeda tidak akan terasa sulit karena olahraga ini adalah aktivitas yang menyenangkan. Meskipun saat bersepeda, otot perut tidak begitu bekerja sekeras otot kaki, kayuhan yang dihasilkan ketika bersepeda nyatanya bisa membakar lemak.

Melansir dari Medicine Net, berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan lemak perut saat bersepeda:

1. Mulai dengan intensitas sedang

Saat memilih bersepeda untuk membakar lemak perut, mulailah bersepeda dengan kecepatan sedang. Pembagiannya, 80 persen bersepeda dengan intensitas sedang dan 20 persen lainnya dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Dengan penggabungan metode 80/20 ini kamu dapat membakar lemak dan kalori secara efektif. Seiring waktu, saat kebugaran dan daya tahan meningkat,  kamu akan membakar kalori dan mengurangi lemak perut.

2. Jenis sepeda

Sebenarnya, tidak ada masalah sepeda mana yang kamu gunakan untuk berolahraga. Penurunan berat badan tergantung pada bagaimana kamu mengendarai sepeda. Namun,  sepeda gunung, atau sepeda hybrid lebih mudah dan nyaman untuk digunakan secara teratur.

3. Puasa terlebih dahulu

Bersepeda dengan perut kosong adalah metode lain untuk membakar lemak perut secara efektif dan lebih cepat. Kamu dapat mempertimbangkan interval 8 jam antara waktu makan terakhir dan waktu untuk mulai bersepeda.

Meski begitu, hal ini kedengarannya mungkin sulit  dan melelahkan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berlatih bersepeda saat perut kosong setiap hari.

4. Kombinasikan dengan latihan lain

Kamu dapat menggabungkan berbagai latihan lain selain bersepeda untuk membantu menurunkan berat badan. Cara ini juga bermanfaat untuk meningkatkan tingkat daya tahan dan kekuatan kamu.

5. Istirahat yang cukup

Jangan lupa istirahat yang cukup setelah bersepeda. Hal ini sangat penting untuk menurunkan berat badan secara efektif. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa berat badan mungkin bertambah jika kamu kurang tidur. Karena itu, dapatkan istirahat yang cukup setelah bersepeda.

Gabungkan dengan Diet Sehat

Langkah yang paling efektif untuk mengecilkan perut adalah dengan menggabungkan olahraga bersepeda dengan diet yang sehat. Sebaiknya sebelum dan sesudah bersepeda, kamu minum air putih yang cukup supaya tubuh tidak kekurangan cairan. Kamu juga perlu memastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak agar membantu meningkatkan massa otot.

Bila olahraga sepeda yang kamu lakukan berlangsung lebih dari satu jam, sebaiknya kamu membawa minuman olahraga yang bisa mengisi elektrolit seperti natrium, kalsium, kalium, bikarbonat, magnesium, klorida, hidrogen fosfat, karbonat hidrogen, dan karbohidrat yang hilang selama latihan bersepeda.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img