30 C
Makassar
Jumat, Juli 1, 2022
BerandaHealthTips Buka Puasa yang Sehat

Tips Buka Puasa yang Sehat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan tepat saat sahur penting agar kamu tetap memiliki energi yang cukup untuk menjalani puasa sepanjang hari. Namun, memilih makanan dan minuman yang tepat saat buka puasa juga tidak kalah penting agar kebutuhan nutrisi dan cairan kamu tetap terjaga, serta mencegah terjadinya masalah kesehatan.

Berikut tips buka puasa yang sehat:

Berbukalah dengan Minum Air Putih

Hidrasi tubuh harus menjadi perhatian nomor satu  pada waktu buka puasa. Air putih adalah pilihan terbaik, jadi berbukalah dengan minum lah 1-2 gelas air putih. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan air, dan sup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Pilih Buah-buahan

Alih-alih mengonsumsi berbagai macam takjil yang tinggi gula dan santan, pilihlah buah-buahan sebagai makanan manis untuk mengembalikan energi sekaligus menghidrasi tubuh. Kurma sudah menjadi pilihan buah yang umum untuk buka puasa, karena kandungan gula dan nutrisi alaminya yang tinggi.

Namun, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan lainnya, seperti mangga, leci, pir atau anggur untuk mendapatkan efek yang sama. Sebaiknya konsumsilah jenis buah yang berbeda-beda tiap beberapa hari untuk mendapatkan nutrisi yang beragam.

Mulailah dengan Makanan yang Ringan

Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan berbumbu kuat saat buka puasa. Ingat, tubuh kamu tidak menerima asupan apapun selama 12-16 jam. Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak akan membuat perut kamu ‘kaget; yang bisa memicu terjadinya masalah pencernaan. Jadi, saat buka puasa, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang ringan, seperti sup sayuran, sup ayam atau sup kaldu. Selain ramah di perut, mengonsumsi sup juga adalah cara yang baik untuk menghidrasi tubuh.

Nutrisi yang Seimbang

Ingat, buka puasa bukanlah waktu balas dendam untuk mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, karena hal itu bisa menaikkan berat badan kamu. Sebaliknya, kamu perlu mengonsumsi berbagai macam makanan dengan nutrisi seimbang. Pilihlah makanan yang kaya protein, seperti tahu, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Sedangkan asupan lemak sehat bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, ikan dan alpukat. Hindari makanan cepat saji berlemak tinggi, seperti burger.

Konsumsi Karbohidrat

Selama puasa tubuh akan menggunakan glikogen (karbohidrat yang tersimpan) untuk energi dan aktivitas otak, sehingga penting untuk mengganti simpanan yang habis. Jadi, tambahkan banyak sayuran ke makanan kamu dan karbohidrat yang sehat. Cotohnya seperti beras merah, quinoa, pasta gandum atau ubi jalar.
Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline