28 C
Makassar
Jumat, Juli 1, 2022
BerandaRagamTips Memilih Skincare untuk Remaja Berdasarkan Jenis Kulit

Tips Memilih Skincare untuk Remaja Berdasarkan Jenis Kulit

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Anda harus mengetahui jenis kulit apa yang Anda miliki sebelum Anda memilih dan menggunakan produk perawatan kulit apapun. Ada macam-macam skincare untuk remaja namun tidak boleh menggunakannya sembarangan.

Bila Anda memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit Anda, maka Anda tidak akan cocok dan masalah kulit mungkin bertambah parah. Dilansir dari DokterSehat, berikut ini tips memiliki skincare untuk remaja berdasarkan tipe kulit yang harus diketahui:

1. Kulit Normal

Tipe kulit normal memiliki warna dan tekstur kulit yang halus dan lembut. Orang dengan tipe kulit ini pun jarang memiliki gangguan kulit seperti noda hitam, bintik merah, atau pori-pori besar. Perawatan kulit normal juga lebih mudah, hanya dengan cuci muka 2-3 kali sehari dengan sabun pembersih biasa.

2. Kulit Kering

Tipe kulit kering memiliki tekstur kulit kusam, gatal, dan hingga bersisik. Penyebab kulit kering adalah pelepasan sel abnormal lapisan kulit luar akibat tidak memiliki pelumasan minyak alami tubuh, sehingga kulit kekurangan konsentrasi air.

BACA: Manfaat Biji Mangga bagi Kesehatan Tubuh

Apabila kulit Anda sedang sangat kering, cuci muka dengan air hangat lalu gunakan pelembap atau minyak mineral. Pilih pelembap tanpa pewangi dan alkohol. Selain itu, jangan mandi, cuci muka, dan menggosokan sabun terlalu lama karena akan membuat kulit semakin kering.

3. Kulit Berminyak

Kulit berminyak berarti memiliki kadar minyak berlebih daripada air. Kulit berminyak memiliki pori-pori terbuka dan cenderung mudah berjerawat. Bila Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya cuci muka 3 kali sehari dan bila perlu gunakan kertas minyak wajah (face paper).

Tips memilih skincare untuk remaja dengan kulit berminyak adalah pilih produk dengan label noncomedogenic. Noncomedogenic adalah istilah untuk kandungan khusus skincare yang tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, Anda mungkin harus menyiapkan obat jerawat khusus.

BACA JUGA :  Urutan Memakai Skincare yang Benar

4. Kulit Normal atau Kombinasi

Kulit normal/kombinasi berarti Anda memiliki 2 jenis kulit. Umumnya, bagian kulit dahi, hidung, dan dagu (T-Zone) memiliki tekstur kulit berminyak sementara bagian kulit lainnya kering. Kulit bisa terasa sangat kering atau sangat berminyak.

Bila Anda memiliki jenis kulit ini, sebaiknya cuci muka 2-3 sehati dengan sabun pembersih muka biasa. Anda mungkin menggunakan pelembap di bagian kulit yang sangat kering.

spot_img
spot_img

Headline