24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeRagamTips Tidur Nyaman Saat Perjalanan Mudik

Tips Tidur Nyaman Saat Perjalanan Mudik

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pada beberapa orang, menjalani kegiatan mudik, apalagi jika dilakukan saat sedang puasa, mungkin terasa sangat melelahkan.

Tentunya ini akan memunculkan keinginan untuk bisa tidur dengan nyaman ketika beristirahat dalam perjalanan, agar tetap fit dan segar sesampainya nanti di kampung halaman.

Selain tidak nyaman dengan perbadaan waktu atau perubahan suasana, salah satu faktor yang juga bisa membuatmu tidak bisa tidur dengan nyaman saat mudik adalah posisi tidur.

Selama di perjalanan, posisi tidurmu tentunya tidak sebebas seperti saat berada di rumah. Misalnya jika kamu mudik dengan bus atau kereta, mungkin kamu hanya bisa tidur dengan posisi duduk.

Tidur sambil duduk sebenarnya tergolong aman, tetapi memang perlu trik khusus supaya bisa tidur duduk dengan nyaman dan nyenyak. Nah, berikut ini adalah cara tidur sambil duduk yang nyaman beserta tips tidur saat perjalanan mudik yang bisa kamu terapkan:

1. Kenakan pakaian yang nyaman

Perjalanan mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar. Jadi, kamu harus pintar-pintar dalam memilih baju yang akan dikenakan. Hindari baju yang ketat serta berbahan panas dan tidak menyerap keringat, seperti denim, nilon, atau poliester.

Lebih baik, gunakan pakaian yang longgar serta bahan yang nyaman, lembut, dan ringan, contohnya katun. Jangan lupa juga bawa jaket atau selimut kecil untuk berjaga-jaga agar kamu tidak kedinginan. Bila perlu, pakailah kaus kaki agar tubuhmu semakin hangat, sehingga kamu tidur bisa lebih cepat dan nyenyak.

2. Gunakan bantal kecil atau bantal leher

Ketika tidur dalam posisi duduk tegak, mungkin saja leher akan tertekuk ke kanan dan kiri. Posisi ini bisa menyebabkan nyeri leher dan pundak. Selain itu, tidur sambil duduk pun bisa membuat tubuhmu merosot ke bawah yang akhirnya memicu pegal-pegal serta sakit punggung dan pinggang.

Untuk mengatasi masalah ini, bawalah 2 bantal kecil untuk menyangga punggung dan untuk dilingkarkan di leher. Bantal ini akan membuat tidur lebih rileks tanpa nyeri leher atau punggung.

3. Gunakan penutup mata dan penyumbat telinga

Paparan cahaya dari lampu jalan juga bisa menghambat pelepasan hormon melatonin dalam tubuh, sehingga semakin menyulitkanmu untuk tidur. Suara bising jalanan pun juga bisa mengganggu kenyamanan tidurmu.

Jadi, bawalah penutup mata dan penyumbat telinga atau headphone saat perjalanan mudik. Dengan begitu, kamu bisa mengantuk lebih cepat dan tidur dengan nyaman.

4. Hindari menggunakan gadget terlalu lama

Bermain game di ponsel atau mengerjakan pekerjaan di laptop memang bisa menjadi cara ampuh untuk membunuh rasa bosan selama perjalanan. Meski begitu, seperti cahaya dari lampu jalanan, cahaya biru dari gadget juga bisa memengaruhi pelepasan melatonin.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop selama di perjalanan mudik agar waktu tidurmu tidak terganggu.

5. Posisikan tubuh dengan benar

Tidur di kursi pada waktu yang cukup lama tanpa adanya pergerakan atau mobilisasi berkala bisa meningkatkan risiko terjadinya deep vein thrombosis (DVT). Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan, bahkan dapat berujung pada kematian.

Untuk mencegahnya, tidur sambil duduk harus dalam posisi nyaman. Turunkan sandaran kursi setidaknya sampai 40°. Kalau dirasa tidak memungkinkan untuk menurunkan sandaran kursi, sebaiknya sering-seringlah gerakan kaki atau melakukan peregangan kaki.

6. Terapkan pola makan dan minum yang sehat

Pastikan selalu konsumsi makanan bernutrisi simbang saat sahur dan berbuka puasa, agar tubuh tetap bugar dan fit selama perjalanan mudik. Selain itu, perbanyak juga minum air putih agar kebutuhan cairan harian terpenuhi dan terhindar dari dehirasi saat puasa.

Hindari konsumsi minuman beralkohol dan batasi minum minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Pasalnya, kedua minuman ini dapat membuatmu terjaga dan sulit tidur ketika di perjalanan.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan tidur berkualitas saat di perjalanan mudik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perjalanan mudik yang sehat dan bisa menikmati setiap momen kehangatan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img