25 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaHealthTubuh Selalu Lemas Saat Puasa ? Ini Penyebabnya

Tubuh Selalu Lemas Saat Puasa ? Ini Penyebabnya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Coba perhatikan, seberapa sering Anda mengalami bibir kering atau mungkin merasa sangat lemas saat puasa? Jika termasuk sering, atau bahkan setiap hari, mungkin kini saatnya Anda mewaspadai bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin.

Kekurangan vitamin kerap tidak disadari saat puasa, karena dianggap suatu hal yang lumrah terjadi, padahal membiarkan tubuh kekurangan vitamin secara terus menerus tentu tidak baik untuk kesehatan ya. Lalu, harus bagaimana?

Langkah awal mengatasi kekurangan vitamin saat puasa bisa dilakukan dengan mengenali vitamin apa yang sedang kurang asupannya dalam tubuh.

Seperti dilansir di laman doktersehat.com, cara terjitu mengetahui tanda dan gejala apa yang dirasakan oleh tubuh, diantaranya adalah:

Bibir kering hingga pecah-pecah

Apakah Anda merasa bahwa bibir kering adalah hal yang wajar terjadi saat puasa? Hal ini ternyata merupakan tanda yang ingin disampaikan tubuh bahwa Anda sedang kekurangan vitamin C lho.

Ya, ternyata tanda awal tubuh kekurangan vitamin C saat puasa adalah bibir kering yang kemudian diikuti dengan kulit pucat saat puasa.

Lebih jauh, kekurangan vitamin C dalam dosis besar selama puasa akan menyebabkan imunitas tubuh akan menurun sehingga tubuh akan rentan mengalami sakit misalnya, flu atau demam.

Sering diare

Diare saat puasa selalu diidentikkan dengan asupan makanan yang salah, namun hal in ternyata juga tidak sepenuhnya benar lho.

Diare yang kerap terjadi saat puasa merupakan tanda yang dirasakan tubuh akibat kekurangan asupan zink.

Pakar kesehatan dan mikronutrien dari Jerman, Uwe Grober, menyebutkan bahwa zink berfungsi mengatur elektrolit tubuh, mengontrol nafsu makan hingga kekebalan tubuh.

Hal inilah yang menyebabkan kekurangan zink saat puasa dapat memengaruhi kesehatan tubuh dengan menimbulkan diare, gangguan elektrolit tubuh dan menurunkan imunitas tubuh, sehingga risiko diare semakin parah, justru makin besar karena imunitas tubuh yang rendah.

Kesemutan

Kekurangan vitamin B kompleks, yaitu vitamin B6, B9, dan B12, paling mudah dideteksi dengan munculnya kesemutan.

Jika biasanya Anda jarang kesemutan lalu saat menjalankan puasa kesemutan justru kerap terjadi, utamanya di tangan dan kaki, maka besar kemungkinan Anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks.

spot_img
- Advertisment -

Headline