24.3 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaEdukasiUnimerz Gelar Kuliah Pakar Telemedicine

Unimerz Gelar Kuliah Pakar Telemedicine

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar kembali melakukan upaya peningkatan kualitas. Kali ini diwujudkan melalui Kuliah Pakar Pengembangan Teknologi Kesehatan ”Telemedicine”.

Telemedicine sendiri nerupakan metode konsultasi kesehatan berbasis online alias tidak langsung. Hal ini tentu berkaitan erat dan menjadi penting di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Dalam sekolah pakar kali ini, Unimerz Makassar menghadirkan pakar Telemedicine dari Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai nara sumber, Dr. dr. Idar Mappangara, Sp.PD., Sp.JP(K).

Menurut Idar, Telemedicine sebenarnya bisa digunakan dalam keadaan tertentu. Akan tetapi, jika dalam kondisi normal, maka sebaiknya Telemedicine diposisikan sebagai cadangan saja.

”Telemedicine ini sangat baik, membantu kami semua, khususnya di masa pandemi seperti ini,” ujar Idar saat menyampaikan materinya di ruang LPM Unimerz Makassar, Sabtu (24/4/2021) siang.

”Tetapi jika kondisinya normal dan masih bisa dilakukan secara langsung, maka sebaiknya metode telemedicine jangan dipakai dulu,” lanjut Idar.

Lebih lanjut Idar mengatakan, perkembangan digital memang mendorong semua aktivitas masyarakat banyak berlangsung di ranah online. Sehingga, Telemedicine juga dinilai sebagai wahana tepat untuk tetap menjaga kualitas layanan konsultasi.

”Ini bagus, karena kita semua terdorong melek teknologi. Sehingga, Telemedicine menjadi ruang pertemuan yang paling aman. Karena pasien harus sehat dan kita juga harus sehat, tanpa harus bersentuhan,” jelasnya.

Sementara Wakil Rektor IV Unimerz Makassar, Dr. Hairuddin Kudding, mengatakan, sekolah pakar ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan bagi seluruh elemen.

”Kita memberikan wadah, memberi kesempatan, kepada semua pihak, khususnya peserta, agar bisa memahami lebih jauh terkait Telemedicine,” ujar Hairuddin.

Pria yang akrab disapa pak Boy itu berharap, isi materi yang disampaikan narasumber bisa memberikan pengetahuan lebih dalam dan lebih detail terkait Telemedicine.

”Kita tentu berharap, ilmu yang disampaikan narasumber tadi bisa jadi pengetahuan baru bagi kita, agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

”Karena di masa pandemi ini kita dituntut untuk tetap sehat, tetapi pertemuan terbatas, protap Covid harus ketat,” tutupnya

spot_img
- Advertisment -

Headline