24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaEdukasiUniversitas Megarezky Masuk 7 Besar Universitas Swasta Terbaik di Makassar

Universitas Megarezky Masuk 7 Besar Universitas Swasta Terbaik di Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Universitas Megarezky (UNIMERZ) Makassar tercatat dalam 7 besar universitas swasta terbaik di Kota Makassar. Ini berdasarkan hasil riset Webometrics Ranking of World Universities.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis www.webometrics.info, pada Juli 2022, UNIMERZ Makassar menempati rangking 7 dalam daftar universitas terbaik di Kota Makassar, dan peringkat ke-811 secara nasional.

Adapun Rangking pertama Universitas Muslim Indonesia (Peringkat 59 nasional ), selanjutnya Universitas Muhammadiyah Makassar (peringkat 59 nasional), Universitas Fajar (peringkat 205 nasional), Universitas Atma Jaya Makassar (Peringkat 450 nasional), Universitas Islam Makassar (peringkat 576 nasional), Universitas Bosowa (peringkat 720 nasional), Universitas Megarezky Makassar (peringkat nasional 811).

Sekadar diketahui, Universitas Megarezky merupakan universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Megarezky.

Sebelumnya, kampus Universitas Megarezky ini bukan berstatus Universitas, melainkan penggabungan antara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP).

Berdasarkan surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1194/KPT/I/2018 tentang izin penggabungan STIKES Megarezky dengan STIKIP Megarezky menjadi Universitas Megarezky yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Megarezky.

Universitas Megarezky saat ini telah memiliki sebanyak 8 Fakultas, yakni Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknologi Kesehatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Digital, Fakultas Hukum hingga Program Pascasarjana.

Selain program Sarjana, di Universitas Megarezky juga telah memiliki 2 program Pascasarjana yaitu Magister Pendidikan Sosiologi dan Magister Kesehatan Reproduksi.

Mahasiswi sedang beraktifitas di halaman kampus/Website resmi Unimerz

Apa itu Webometrics Ranking?

Berdasarkan sumber yang dihimpun, Webometrics merupakan suatu metodologi yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia berbasis website. Ini berdasarkan indikator yang dikalkulasi berdasarkan data terkait dengan website milik suatu universitas tertentu.

BACA JUGA :  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimerz Jalani Akreditasi

Pemeringkatan dilakukan oleh kelompok riset Cybermetrics Lab yang merupakan bagian dari lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol, yaitu Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Pemeringkatan ini dirilis sejak tahun 2004 dan menerbitkan Webometrics Ranking dua kali setahun.

Webometrics Ranking diterbitkan berdasarkan penelitian berbasis website yang dilakukan terhadap  lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di lebih dari 200 negara di dunia.

Cybermetrics Lab dalam situsnya menekankan bahwa Webometrics Ranking ini bukanlah merupakan peringkat atas website yang dimiliki universitas, melainkan peringkat universitas itu sendiri yang secara garis besar menggunakan indikator berkaitan dengan webometric (all missions) dan bibliometric (research mission).

Proses penilaian disebut menggunakan 3 indikator penting. Masing-masing, Visibility Impact yakni indikator jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web milik perguruan tinggi.

Indikator kedua adalah Excellence/Scholar. Ini dilihat dari jumlah makalah 10% teratas yang paling banyak dikutip di masing-masing 27 disiplin ilmu yang dikelompokkan berdasarkan periode 5 tahunan 2016 hingga 2020. Indikator ini mengambil sumber data dari indeks institusi Scimago.

Ketiga adalah Transparency/Openness. Ini dinilai dari jumlah peneliti teratas yang dikutip. Indikator ini mengkalkulasi jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang berasal dari suatu universitas. Data untuk perhitungan ini berbobot 10% dan bersumber dari Google Scholar Profile.

spot_img

Headline

Populer