24 C
Makassar
Rabu, Februari 8, 2023
BerandaMetropolisUPT Keimigrasian Kemenkumham Sulsel Buka Layanan Paspor Sabtu-Minggu

UPT Keimigrasian Kemenkumham Sulsel Buka Layanan Paspor Sabtu-Minggu

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Menyambut peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 pada 26 Januari mendatang, Kantor Imigrasi di Sulawesi Selatan menyiapkan layanan permohonan penerbitan paspor RI pada hari Sabtu-Minggu.

Terkait hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak menjelaskan, layanan permohonan paspor pada hari libur (Sabtu-Minggu) ini adalah bagian dari program pelayanan paspor simpatik untuk menyambut HBI ke-73, tujuannya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mereka yang memiliki kesibukan padat pada hari kerja (Senin-Jumat).

“Layanan Paspor Simpatik, Sabtu-Minggu ini tersedia selama momentum peringatan HBI ke 73, khusus bulan Januari untuk jensi permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku dengan sistem antrian walk in (datang langsung), adapun antrian online tetap berlaku untuk permohonan pada hari kerja Senin-Jumat. Masyarakat Sulsel dapat mengajukan fasilitas ini pada tiga Kantor Imigrasi, yakni di Makassar, Parepare, dan Palopo, dengan jumlah kuota dibatasi sesuai dengan kapasitas volume layanan,” jelas Kakanwil Liberti Sitinjak.

Lanjut Liberti, selain Paspor Simpatik ada juga fasilitas Eazy Passport yang dikhususkan bagi kelompok rentan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi mereka. Kelompok ini mencakup anak-anak usia balita (0-5 tahun), lansia usia 60 tahun ke atas, dan penyandang disabilitas.

“Dalam rangkaian HBI ke 73 ini, aka ada juga beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan baik di tingkat Kanwil maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi di Sulsel seperti donor, bakti sosial, dan anjangsana. Seluruhnya secara teknis dikoordinasi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel, Jaya Saputra,” tutup Liberti Sitinjak.

spot_img

Headline

Populer