24.3 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaNasionalVaksin Corona Moderna Sudah Kantongi Izin WHO

Vaksin Corona Moderna Sudah Kantongi Izin WHO

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi memberikan izin penggunaan darurat dalam daftar EUL. Persetujuan ini diberikan pada Jumat (30/4/2021).

“Tujuannya adalah untuk membuat obat-obatan, vaksin, dan diagnosa tersedia secepat mungkin demi mengatasi keadaan darurat,” kata WHO dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (2/4/2021) via Detikdotcom.

Menurut asisten Direktur Jenderal WHO Mariangela Simao, penambahan daftar vaksin Corona EUL bisa segera mengatasi keterbatasan pasokan vaksin di sejumlah negara. Termasuk bagi India, akan didistribusikan dalam program COVAX.

India kini tengah membatasi ekspor lantaran diterpa badai COVID-19, hingga sistem kesehatan nyaris ‘lumpuh’. Sementara, Moderna, optimis akan meningkatkan kapasitas produksi mencapai 3 miliar dosis di 2022 mendatang.

Kelompok Penasihat Strategis Ahli Imunisasi (SAGE) WHO pada bulan Januari telah merekomendasikan vaksin Corona Moderna untuk semua kelompok usia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, WHO sudah menyetujui vaksin Corona Pfizer, yang sama-sama berteknogi mRNA di akhir tahun 2020. Disusul dua vaksin AstraZeneca, dari AstraZeneca-SK Bio, dan Serum Institute of India.

Selanjutnya, vaksin Corona Johnson & Johnson dengan dosis tunggal juga disetujui WHO. Namun, badan kesehatan PBB masih mempertimbangkan vaksin Corona yang dikembangkan China seperti Sinopharm dan Sinovac.

Keputusan disebut akan jatuh tempo pada akhir pekan depan. Seperti diketahui, Moderna menjadi salah satu vaksin Corona yang dipakai untuk program vaksin gotong royong, tetapi sejauh ini vaksin COVID-19 yang baru tersedia untuk program tersebut adalah vaksin Sinopharm dengan efikasi 78 persen.

Sementara vaksin Moderna memiliki efikasi vaksin yang jauh lebih tinggi, yaitu di atas 90 persen.

 

spot_img
- Advertisment -

Headline