24.1 C
Makassar
Senin, Agustus 8, 2022
BerandaHealthWaspada Gangguan Tidur Picu Berbagai Gangguan Kesehatan

Waspada Gangguan Tidur Picu Berbagai Gangguan Kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ada berbagai jenis gangguan tidur yang bisa dialami, seperti insomnia, hipersomnia, tidur berjalan, mimpi buruk, hingga teror tidur. Mulai dari depresi, gangguan kesehatan pada kelenjar, rasa cemas, hingga kelelahan bisa menjadi penyebab gangguan tidur. Kondisi ini juga tidak hanya dialami oleh anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur dapat menyebabkan gejala pada pengidapnya saat bangun tidur, seperti rasa lelah, suasana hati yang tidak baik, kehilangan kemampuan fokus, hingga merasa tidak nyaman.

Nah, jika kamu mengalami kondisi ini sebaiknya segera atasi dengan tepat agar kebutuhan tidur dapat dipenuhi dengan baik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Lalu, apa saja dampak gangguan tidur pada kesehatan? Berikut jenisnya:

1. Gangguan Sistem Saraf

Saat kamu memenuhi waktu tidur setiap harinya, hal ini membuat sistem saraf pada tubuh dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Selama kamu tidur, sistem saraf pada otak membantu kamu menguatkan memori atau ingatan yang telah kamu pelajari. Oleh karena itu, saat kamu kurang tidur, otak dapat mengalami kelelahan sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Kurang tidur juga memicu kamu kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga mengurangi koordinasi tubuh yang meningkatkan risiko kecelakaan. Bahkan kurang tidur dalam waktu yang cukup lama menyebabkan kamu mengalami gangguan psikologis, seperti depresi, perilaku impulsif, hingga gangguan kecemasan.

2. Gangguan Imun Tubuh

Imun tubuh juga dapat menurun jika kamu tidak memenuhi waktu tidur dengan baik. Saat kamu tidur, sistem kekebalan tubuh dapat menghasilkan zat pelindung yang membantu melawan infeksi, seperti antibodi dan sitokin.

Oleh karena itu, saat kamu mengalami gangguan tidur dalam waktu yang cukup panjang, kamu akan rentan mengalami gangguan penyakit, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.
3. Gangguan Sistem Pernapasan

Gangguan tidur dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Kurang tidur juga bisa menyebabkan perburukan pada penyakit pernapasan yang sudah dialami, seperti penyakit paru-paru kronis.

4. Memicu Obesitas

Tidur dapat memengaruhi kadar hormon leptin dan ghrelin yang mengontrol rasa kenyang dan lapar. Jika kedua hormon tidak dalam jumlah yang tepat bukan tidak mungkin kamu dapat mengalami kondisi obesitas.

Kurang tidur juga membuat tubuh menjadi lebih lemas dan lelah. Hal ini membuat kamu menjadi tidak semangat saat berolahraga. Kurang olahraga berkaitan langsung dengan kondisi obesitas.

5. Gangguan Kardiovaskular

Tidur cukup membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah terjaga dengan baik. Kualitas tidur yang baik juga membantu kemampuan tubuh dapat memperbaiki gangguan pembuluh darah dan jantung yang dialami.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline