31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
- Advertisement -

Ketahui Menu Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

SULSELEKSPRES.COM – Memiliki berat badan ideal sudah pasti menjadi keinginan setiap orang, terutama para wanita. Tak hanya dengan olahraga teratur, mengonsumsi menu diet sehat untuk menurunkan berat badan menjadi cara yang paling populer.

Meski begitu, kamu tidak bisa mengonsumsi makanan secara sembarangan. Justru, kamu harus menyesuaikan menu diet dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali jenis diet yang bisa kamu lakukan, tetapi sebenarnya jenis paling optimal adalah diet untuk mengurangi asupan kalori.

Pilihan Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Sederhananya, diet defisit kalori adalah penerapan pola makan sehat dengan mengurangi kalori harian yang masuk ke

tubuh. Namun, kamu tentu perlu mengetahui berapa asupan kalori harian yang tubuh perlukan. Caranya sangat mudah, misalnya melalui kalkulator kalori.

Studi dalam Journal of The Academy of Nutrition and Dietetics, menurunkan 500 kalori setiap hari sebenarnya sudah cukup saat kamu ingin menurunkan berat badan. Ini juga tidak akan berpengaruh terhadap rasa lapar maupun tingkat energi pada tubuh.

Setelah mengetahui jumlah kalori tubuh dan berapa kalori yang harus kamu kurangi, selanjutnya kamu bisa mencoba menu diet sehat menurunkan berat badan berikut ini.

1. Menu sarapan

Sedang menjalani diet bukan berarti kamu tidak sarapan. Justru, sarapan menjadi hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Tidak perlu membuat sarapan sehat yang rumit, karena ada banyak pilihan menu ringan dan ringkas

yang dapat kamu coba. Misalnya, kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada pagi hari dengan dua butir telur rebus.

Masak orak arik dengan tambahan sedikit minyak. Jika ingin menu yang dapat membuat perut merasa lebih kenyang, kamu dapat mengombinasikan telur rebus dengan roti gandum oles mentega dan secangkir susu rendah lemak. Jika ingin mengganti susu dengan kopi atau teh, pastikan kamu tidak menambah susu dan gula.

2. Menu makan siang

Kemudian, menu diet sehat menurunkan berat badan yang pas untuk mengenyangkan perut saat siang hari. Olahan dada ayam tumis atau panggang bisa menjadi opsi yang tepat. Tambahkan semangkuk gado-gado atau salad dan sekepal nasi. Jika nasi terasa terlalu berat, kamu bisa mengganti asupan karbohidrat dengan kentang panggang atau rebus.

3. Menu makan malam

Ketika makan malam, mengonsumsi secangkir brokoli tumis atau kukus, sepotong ikan, semangkuk salad, dan secangkir nasi merah sangat cukup untuk mengisi perut. Khusus untuk menu salad, kamu dapat menggunakan tomat, bawang bombay, dan bayam.

4. Camilan menu diet sehat menurunkan berat badan

Selain menu diet sehat menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi camilan sehat untuk membuat diet yang kamu jalani jadi lebih optimal. Pilihan camilan seperti oatmeal, buah, kacang-kacangan, dan yogurt rendah lemak pas untuk mengisi waktu sebelum makan sehat.

Terkadang, kamu mungkin merasa jenuh dan bosan dengan menu diet sehat menurunkan berat badan yang begitu saja dan ingin mencicipi makanan dengan kalori dan lemak tinggi, misalnya makanan siap saji. Tidak ada salahnya,

tetapi ada baiknya kamu mengonsumsi makanan tersebut hanya pada hari tertentu, misalnya pada hari Sabtu atau Minggu.

Meski begitu, kamu harus kembali lagi mengonsumsi menu diet sehat pada esok harinya untuk mencegah terjadinya kalori yang menumpuk pada tubuh. Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa untuk berolahraga secara teratur setiap hari, setidaknya selama 30 menit untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer