27 C
Makassar
Selasa, Januari 18, 2022
BerandaHeadline2 Lukisan Lawas Ini Sudah Ramal Kota Palu Diterjang Gempa dan Tsunami

2 Lukisan Lawas Ini Sudah Ramal Kota Palu Diterjang Gempa dan Tsunami

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dua lukisan lawas milik pengguna facebook bernama Abee Zam-zami Djalaludin tengah ramai diperbincangkan pengguna media sosial.

Betapa tidak, lukisan ini seolah sudah memprediksi Kota Palu, Sulawesi Tengah bakal diterjang gempa dan tsunami dahsyat.

2 karya seni manipulasi fotonya ini, Ia unggah 4 tahun lalu, dengan karya pertama yang diberi judul ‘Disaster in the Country-Bencana di Negeri’. 5 bulan berikutnya, Abee sapaannya kembali mengunggah lukisan kedua dengan judul ‘Untuk kedua kalinya kota Palu dilanda Tsunami’.

Baca : Pesan Berantai Adopsi Anak Korban Gempa Palu Beredar, Emak-emak Serbu SD Akar Panrita

Dalam karya yang pertamanya, Abee menunjukkan kondisi salah satu ikon kota Palu, Jembatan Kuning yang porak poranda dengan background gelombang tsunami yang mencekam. Mobil dan kapal hanyut menghantam jembatan itu hingga rubuh.

Terlihat juga, 3 bocah berusaha menjauh dari gelombang tsunami dengan berlari. Dibelakang anak itu, 3 ekor kuda putih simbol kota Palu juga menghindar dari tsunami.

Saat Ia unggah, kerabatnya merespon karyanya. Ada yang mengapresiasi hingga menanyakan alasan Abe. Ia hanya menjawab, lukisan itu Ia buat karena gambaran tsunami di Kota Palu terlintas di mimpinya.

“Singga d’mimpiku itu le, makax saya gambarkan d’foto,” tulisnya 3 tahun lalu.

Selain itu, karya kedua yang Ia unggah 5 bulan setelahnya, Abe menunjukkan sebuah tugu Talise yang direndam air laut akibat tsunami.

Di karya keduanya, terlihat sejumlah orang menyelamatkan diri mereka dengan memanjat tugu itu sembari membantu orang yang hampir hanyut.

Disamping tugu, Abe menunjukkan dua kendaraan yang terapung diatas luapan laut.

Untuk diketahui, Tugu ini tak jauh dari Anjungan Pantai Talise, kota Palu. Untuk itu, salah seorang temannya menanyakan itu melalui komentarnya.

BACA JUGA :  Rudal-Cicu Berpeluang Diusung Koalisi Golkar-Nasdem

“ini foto klw sunami masuk di pantai talise palu ya.?” tulis komentar milik pengguna Malik Doank.

“SEPERTI KIRA2 LE,” jawab Abe 3 tahun lalu.

Sampai saat ini, dua karyanya belum ramai oleh warganet, sekira 4 sampai 5 pengguna yang melintas dengan komentarnya di unggahan milik Abe.

Lukisan Pertama (Disaster in the Country): 4 Juni 2014

Lukisan kedua (Untuk Kedua Kalinya kota Palu Dilanda Tsunami) : 13 November 2014

Baca Juga: Ternyata, Lukisan Lawas yang Ramalkan Kota Palu Diterjang Gempa Terinspirasi dari Mimpi

Penulis: Agus Mawan
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6