24 C
Makassar
Jumat, Desember 2, 2022
BerandaHealth5 Manfaat Masker Kunyit bagi Kesehatan Wajah

5 Manfaat Masker Kunyit bagi Kesehatan Wajah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Manfaat yang diambil dari masker kunyit berasal dari kandungan kurkumin di dalamnya. Kandungan tersebut bersifat antiradang dan antioksidan yang dapat mencegah sekaligus mengobati masalah kulit.

Beberapa gangguan kulit yang dapat diatasi menggunakan masker kunyit, yakni jerawat, dermatitis atopik, psoriasis dan tanda penuaan dini. Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu juga bisa menggunakan madu, yoghurt atau lemon sebagai campuran masker.

Namun, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakannya. Apalagi jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif. Ini bertujuan untuk meminimalisir efek samping, seperti kemerahan dan iritasi kulit.

Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah

1. Mengatasi Jerawat

Cutibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis adalah dua jenis bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Sifat antiradang dalam masker kunyit efektif menenangkan gejala peradangan, seperti nyeri, rasa panas, pembengkakan, kemerahan dan nanah.

2. Mengatasi Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah penyakit yang ditandai dengan kulit kering, gatal terus-menerus dan ruam merah. Kondisi ini bisa muncul pada satu atau beberapa bagian tubuh sekaligus, termasuk wajah.

Penggunaan masker kunyit efektif mengatasi beberapa gejala yang disebutkan di paragraf barusan. Manfaat ini terjadi berkat kandungan antimikroba yang bekerja dengan mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur di kulit pengidap.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan dini, seperti flek hitam, garis halus dan kerutan disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Sifat antiinflamasi dan antioksidan di dalam masker kunyit efektif mengatasi beberapa keluhan tersebut. Agar hasilnya maksimal, gunakan setiap hari selama 4 minggu.

4. Sebagai Perawatan Luka

Luka memicu munculnya jaringan parut sebagai bagian dari proses penyembuhan alami. Penggunaan masker kunyit secara rutin dapat membantu memaksimalkan sekaligus mempercepat proses tersebut.

Manfaat ini berasal dari sifat antioksidan, antimikroba dan antiinflamasi di dalam masker kunyit. Semuanya memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka dan regenerasi kulit.

5. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit menebal, bersisik, mudah mengelupas dan terasa gatal. Pengidap kondisi ini memiliki kadar fosforilase kinase (PhK) yang tinggi. PhK sendiri merupakan protein yang berkontribusi pada produksi sel kulit berlebihan.

Penggunaan masker kunyit dapat membantu mengurangi munculnya psoriasis dengan menekan aktivitas PhK. Manfaat tersebut bisa terjadi berkat kandungan kurkumin di dalamnya.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer