31 C
Makassar
Saturday, April 20, 2024
HomeRagamIni Lima Manfaat Buah Ciplukan Bagi kesehatan

Ini Lima Manfaat Buah Ciplukan Bagi kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ciplukan adalah buah yang punya nama latin Physialis Peruviana. Buah ini adalah sejenis tanaman liar yang juga sering disebut sebagai morel berry, golden berry, dan goose cape berry.

Buah ini banyak tumbuh di Indonesia, yang biasanya tumbuh liar di antara rerumputan atau tanaman lainnya. Namun, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari hellosehat.com:

1. Tinggi vitamin K

Kandungan vitamin K dalam buah ciplukan terbilang tinggi. Vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Selain itu, asupan vitamin K yang mencukupi juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner (PJK).
2. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh akibat efek radikal bebas. Contoh paling umum dari efek radikal bebas yang dapat terjadi adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker.

Sebuah penelitian menemukan bahwa antikanker mungkin jadi salah satu manfaat ciplukan yang sayang untuk dilewatkan. Buah kuning ini diyakini mengandung antioksidan tinggi, salah satunya fenolik, yang dapat melawan perkembangan sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Buah matang mengandung kadar antioksidan yang paling tinggi. Nah, penelitian dari University of Bonn di Jerman menemukan bahwa kulit golden berry mengandung jumlah antioksidan yang hampir tiga kali lipat lebih tinggi daripada buah lainnya.
3. Melawan peradangan

Senyawa bernama withanolides dalam buah golden berry dilaporkan dapat membantu melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus. Senyawa yang sama juga dilaporkan berpotensi untuk melawan risiko kanker usus besar.

Meski begitu, manfaat ciplukan ini masih diamati sebatas pada tikus. Harapannya dengan semakin berkembangnya teknologi bisa dikembangkan menjadi pengobatan valid di kemudian hari.
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah golden berry berpotensi membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan berbagai polifenolnya. Polifeno adalah senyawa antioksidan yang bekerja menghalangi pelepasan penanda sistem kekebelan tertentu ketika terjadi radang.

Selain itu, manfaat peningkatan stamina dari buah ini juga datang dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir (140 gram) buah ciplukan mengandung 15,4 mg vitamin C yang jumlahnya memenuhi 21% vitamin C harian untuk wanita dan 17% vitamin C harian untuk pria.
5. Meningkatkan fungsi penglihatan mata

Buah yang dagingnya berwarna kuning oranye ini mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang bisa menghindari Anda dari bahaya degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang berusia tua.

Selain itu, zat karotenoid lutein dapat mencegah risiko beberapa penyakit mata akibat komplikasi diabetes.

* Efek samping buah ciplukan

Buah ini kemungkinan dapat beracun apabila Anda memakannya ketika masih mentah. Risiko ini terutama lebih bahaya apabila Anda juga memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu. Agar aman, makanlah buah yang sudah matang dan berwarna kuning keemasan. Jangan makan yang masih mentah berwarna hijau.

Buah golden berry mentah umumnya mengandung solanin, racun yang secara alami ditemukan dalam sayuran seperti kentang dan tomat. Solanin dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk perut kram dan diare. Efek racun ini juga mungkin berakibat fatal pada kasus tertentu, meski termasuk jarang terjadi.

Selain itu, perlu diingat bahwa mengonsumsi buah ini banyak-banyak mungkin dapat berbahaya. Dalam sebuah penelitian yang menggunakan jus buah ciplukan dosis tinggi, terlihat munculnya risiko kerusakan jantung pada tikus jantan. Untuk lebih lengkapnya tentang efek samping buah ini, baiknya konsultasikan ke dokter.
Bagaimana cara mengonsumsi buah ciplukan?

Ciplukan dapat dikonsumsi langsung atau dikeringkan dahulu setelah kulit tipisnya dikupas
Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memasukkan beri emas ke dalam diet Anda:

– Dimakan utuh sebagai buah camilan.
– Diblender menjadi smoothie
– Diiris tipis-tipis dan dijadikan topping bubur oatmeal, yoghurt dan granola, atau salad buah.

(*)

spot_img

Headline

Populer

spot_img